Wisatawan di Ciamis Bisa Keliling Kota Naik Bus Gatrik

414

RadarPriangan.com, CIAMIS – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendapat 2 unit bus dari Pemprov Jabar yang bisa digunakan wisatawan untuk keliling ke tempat bersejarah di Kota Ciamis. Bus tersebut dinamakan Galuh Tour Kota Klasik atau Gatrik.

Dua mobil bus itu masing-masing berwarna kuning dan biru. Mobil ini tiba di Ciamis pada Sabtu (22/2/2020) malam.

Gatrik mulai beroperasi pada Senin (24/2/2020) setelah diresmikan oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Pendopo usai apel di Jalan Jendral Sudirman Ciamis.

Kedua mobil bus tersebut hampir sama dengan Bus Bandros di Bandung yang sudah lama beroperasi.

Bus Gatrik rencananya beroperasi setiap hari, titik keberangkatan berada di Turis Informasi Center (TIC) yang ada di Jalan RAA Sastrawinata atau belakang Islamic Center.

Bus Gatrik akan membawa wisatawan berkeliling di perkotaan Ciamis, dan akan transit di beberapa lokasi. Yang paling utama wisatawan akan diajak ke Museum Galuh Pakuan dan Situs Jambansari. Tujuannya supaya wisatawan mengetahui sejarah Kerajaan Galuh dan Bupati Galuh terdahulu.

Beberapa tempat heritage yang dilalui dan dikunjungi lainnya seperti pabrik minyak Gwan Hien, pabrik bedak Saripohaci, Pabrik Galendo, Imah Loji eks Kwadanan. Juga berkunjung ke Sirkuit BMX, Alun-alun hingga Stadion Galuh Ciamis. Rute tersebut ditempuh dengan waktu 1 jam sampai finis di TIC.

Dalam bus Gatrik juga dilengkapi seorang tour guide, yang akan menunjukan dan menjelaskan tempat-tempat penting di Perkotaan Ciamis.

Bagi wisatawan yang ingin menaiki Bus Gatrik cukup membayar tarif Rp 10 ribu per orang. Datang langsung ke TIC atau kunjungi Jamparing.id.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, kedua Bus Gatrik dari Pemerintah Provinsi Jabar ini bermanfaat untuk mengenalkan potensi yang ada di seputar perkotaan Ciamis.

“Mari kita kenalkan nama Galuh kepada masyarakat, kepada wisatawan supaya lebih mencintai dan lebih dekat,” ujar Herdiat usai mencoba menjadi sopir Bus Gatrik dan berkeliling perkotaan Ciamis.

Herdiat menambahkan, Bus Gatrik ini akan dikelola oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah Ciamis. Dengan bus tersebut, ia berharap dapat menumbuhkan laju ekonomi Ciamis, juga menjadi sarana promosi wisata dan mengenalkan Ciamis.

“Saya titipkan bus tersebut agar di kelola dengan baik, saya titip layani masyarakat dengan baik dan harus diutamakan,” pungkasnya. (mg2)