Warga Sindanglaya Minta Kawasan Pangangonan Tidak Dikerjasamakan Lagi dengan Pihak Ketiga

263

RadarPriangan.com, CIAMIS – Masyarakat Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis meminta agar kerjasama penggarapan lahan Pangangonan dihentikan dengan pihak manapun.

Hal itu untuk mengantisipasi penebangan pohon seperti sebelumnya. Keengganan warga itu dikarenakan khawatir terjadi bencana jika kawasan Pangangonan dibiarkan gundul.

Warga berharap lahan Pangangonan dihijaukan agar menjadi resapan air.

“Selama kepala desa definitif belum ada karena diundurnya pilkades dan menghentikan penebangan yang terjadi di blok Pangangonan demi menghindari dampak bencana yang akan berimbas kepada masyarakat sekitar khususnya masyarakat dusun,” ujar Peri Ridhanuloh warga setempat, (28/20/2020).

Warga kata Peri, takut terjadi bencana seperti yang saat ini melanda berbagai daerah di tanah air. Termasuk yang saat ini juga tengah dialami Kabupaten Ciamis dengan seperti bencana banjir di Kecamatan Banjarsari.

Kemudian lanjut Peri, ke depanya pemerintah desa harus melakukan musyawarah setiap ada hal apapun yang bersifat kepentingan umum.

” Kami sebagai masyarakat hanya berharap keterbukaan dari pemerintah dengan dijalankannya hukum adat (musyawarah mufakat),” ujarnya. (ald/RP)