Warga Garut Tenggelam di Sungai Cimanuk, Terpeleset saat Mancing Bersama Rekannya

172

RadarPriangan.com, GARUT – Warga Kabupaten Garut dilaporkan hilang tenggelam di sungai Cimanuk Desa Cilampuyang, Kecamatan Malangbong, Kamis (28/5/2020).

Tim SAR Bandung bersama warga berhasil menemukan korban dalam keadaan tak bernyawa dan diketahui namanya adalah Atang (40).

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, pihaknya menerima laporan kejadian itu pada Kamis sekira pukul 09.45 WIB.

“Kejadian itu bermula ketika korban diketahui sedang memancing bersama dua rekannya di sungai Cimanuk. Namun korban atas nama Atang terpeleset dan terjatuh ke Sungai Cimanuk,” ujarnya, Kamis (28/5/2020).

Jenazah Atang terbawa arus sejauh 3,97 kilometer dari tempat dia terpeleset.

Deden menuturkan, jasad Atang terbawa arus Sungai Cimanuk ke arah Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang. Tim SAR tiba di Kantor Desa Cilampuyang pukul 11.20 dan melanjutkan perjalanan ke lokasi kejadian.

“Akses ke lokasi kejadian sangat terbatas. Hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki sejauh dua kilometer,” tuturnya.

Sejak pukul 13.30, tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan penyisiran darat. Kemudian pihaknya menerima laporan adanya penemuan mayat dari warga pada pukul 13.35 di sungai Cimanuk arah Jatigede.

“Tim kemudian bergerak menuju lokasi yang dilaporkan warga terdapat penemuan korban. Jam 15.05 tim SAR gabungan mulai melakukan evakuasi terhadap korban,” katanya.

Proses evakuasi sendiri dilakukan dengan menarik korban menggunakan tali kernmantel dari bibir punggungan Sungai Cimanuk.

Akses yang terbatas dan kondisi arus sungai yang deras dan bebatuan memang cukup menyulitkan proses evakuasi.

“Jam 15.20, korban berhasil dievakuasi. Selanjutnya korban dibawa ke rumah duka. Korban merupakan warga Kampung Cibitung, RT 1/5, Desa Cilampuyang Kecamatan Malangbong,” katanya. (igo)