Warga di Janggala Ciamis Menjaga Tradisi Cuci Bendera Merah Putih

181

Penulis : Rizki Aldi Saputra | Editor : Feri Citra Burama

RadarPriangan.com, CIAMIS – Sejumlah warga di lingkungan Janggala, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis melakukan tradisi cuci bendera untuk menyambut perayaan agustusan.

Warga yang terdiri dari kalangan remaja itu melakukan cuci bendera dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

” Ini dilakukan untuk menyambut hari kemerdekaan di bulan Agustusan yang tepatnya di tanggal 17 agustus tinggal menghitung hari, sekaligus memberikan pemahaman dan edukasi pada anak untuk selalu menghormati dan menyayangi sejarah yang telah diwariskan oleh para pejuang kita agar selalu dicintai sampai akhir hayat,” ujar Tedi setiadi pemuda setempat (14/8/2020).

Tradisi mencuci bendera ini kata Tedi, agar bendera bersih sewaktu akan dikibarkan atau dipasang. Ini dilakukan agar generasi penerus mengerti arti sejarah perjuangan.

” Sebelum melakukan tradisi mencuci bendera, warga berkumpul di gang dan menyiapkan air dari sungai yang mengalir, lalu air tersebut dituangkan deterjen. Setelah semua persiapan selesai, anak dan remaja membawa bendera yang panjangnya 5 meter sambil menyanyikan lagu nasional kebangsaan Indonesia raya,” katanya.

Anisa (16) warga setempat berharap tradisi cuci bendera ini agar terus dijaga dan diwariskan. Hal itu supaya generasi penerus tetap memahami sejarah perjuangan bangsa.

” Seru bisa ikut andil dalam pelaksanaan cuci bendera, ini bisa menambah wawasan serta mengenal tokoh-tokoh yang telah memberjuangkan indonesia dan proklamator indoesia presiden RI pertama yang terpasang didinding,”Jelasnya. (Aldi/RP)