Warga Desa Cibiuk Kaler Pilih Ketua RW Secara Langsung

158

RadarPriangan.com, GARUT – Warga Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut melaksanakan pemilihan ketua RW 08, Kamis (11/6/2020).

Minat warga setempat mencalonkan diri cukup tinggi. Setidaknya ada tiga calon yang bertarung dalam pemilihan secara langsung oleh warga tersebut.

Partisipasi warga juga sangat baik dalam mengikuti pemilihan itu. Dari seluruh hak pilih, hanya satu suara yang tidak tercoblos (blangko kosong).

Adapun tiga calon yang bertarung kemarin adalah, nomor urut 1 Neneng, nomor urut 2 Enjang S dan nomor urut 3 Otong H.

Berdasarkan hasil penghitungan suara secara terbuka, ternyata Enjang S memperoleh suara terbanyak yaitu 100 suara. Sementara Otong H memperoleh 91 suara dan Neneng memperoleh 60 suara.

Dalam pemilihan yang dilaksanakan di Kampung Pasirgede itu juga dihadiri para aparatur desa.

Sebelum dilaksanakan pemilihan, warga diminta mencuci tangan terlebih dahulu. Warga juga diminta pakai masker dan jaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.

Asep, Ketua Panitia mengungkapkan, pemilihan berlangsung demokratis, transparan dan kondusif.

Bagi Asep tidak ada istilah menang kalah. Karena kemenangan hanya milik warga.

“ Saya berterima kasih kepada para calon dan hak pilih atas partisipasinya menyukseskan pemilihan Ketua RW 08 Pasirgede,” kata Asep.

Sekretaris Desa Cibiuk Kaler, Indra, mengatakan, pemilihan Ketua RW dan Ketua Rt di Cibiuk Kaler diselenggarakan bertahap. Karena 12 Ketua Rw dan 34 Ketua RT masa baktinya sudah habis.

Di antaranya ada Ketua RT RW yang dipilih secara aklamasi dan dikukuhkan lagi. Semua itu tergantung musyawarah di tingkat RT dan RW.

Adapun disinggung soal biaya pemilihan, Indra mengungkapkan, seluruhnya merupakan hasil swadaya masyarakat. (pap)