Warga Banjar Tanam Pisang di Tengah Jalan

217
Warga tanam pisang di tengah jalan karena kecewa jalan lama tak diperbaiki (Anggoro)

BANJAR – Warga Dusun Sinargalih, Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, menanam pohon pisang di tengah Jalan. Pohon pisang itu mereka tanam ketika melakukan kerja bakti pada Jumat (24/01/2020) lalu.

Aksi warga menanam pohon pisang di tengah jalan ini sebagai bentuk protes karena melihat jalan rusak dan banyak lubang, namun belum ada upaya perbaikan.

Berdasarkan informasi yang berhasil RadarPriangan.com himpun, jalan tersebut berstatus jalan kota dan diberi nama jalan industri Kota Banjar.

Rahmanah, salah seorang warga Dusun Sinargalih mengatakan, bahwa aksi Ini sebagai bentuk kekecewaan warga. Sebab, selama ini warga merasa sudah taat membayar pajak sebagai kewajiban warga negara. Namun kenapa hingga sekarang kondisi jalan tidak diperhatikan.

“Padahal warga di sini juga suka bayar pajak tapi jalan ya gini berlubang. Pengukuran dari orang Dinas, sering dilakukan beberapa kali, cuma ya tetap masih seperti ini. Percuma di ukur terus tapi tidak di perbaiki,” Ujarnya saat ditemui di lokasi.

Rahmanah mengatakan, dalam kurun waktu selama 17 tahun Banjar Berdiri, jalan tersebut pernah diperbaikai satu kali dan itupun pihak pemerintah Desa yang membangun. “Dulu Desa pernah membangun Jalan ini”, Katanya.

Sementara itu, Nursalim Ketua Rw.02 Dusun Sinargalih mengkhawatirkan keadaan jalan seperti ini. Karena jalan Industri sendiri merupakan jalan alternatif para pelajar sekolah.

” Saya khawatir soalnya jalan ini jalan alternatif, sering banyak lewat anak SMA 2 dan SMK 3, apalagi cuaca hujan ya takutnya terjadi sesuatu sama anak-anak sekolah,” Tandasnya.

Menanggapi hal itu, Yanti, Kepala Desa Langensari menjelaskan, aksi warga ini bentuk kekecewaan yang mereka luapkan saat kerja bakti PSN se-kota Banjar yang diisukan dihadiri Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih. Akan tetapi pada kegiatan tersebut Wali Kota Banjar tidak hadir.

” Warga kecewa pada saat kejadian itu, yang tadinya mau dibicarakan ke Wali Kota namun karena tidak hadir akhirnya mereka lakukan aksi tersebut,” Ujarnya.

Yanti berharap, bahwa tahun 2020 jalan yang belum di perbaiki di Desa Langensari bisa diselesaikan tahun ini.

” Masih ada dua jalan berstatus kota yang ingin diperbaiki pada tahun ini yakni Jalan Industri di Dusun Sinargalih dan Jalan Jawi di Dusun Karang Mukti,” Tuturnya.(mg1)