Viral, Video Tahta Sultan Kasepuhan Cirebon Direbut

345
Tangkapan layar video pria yang mengaku mengambil alih Keraton dan mengaku keturunan Sultan Sepuh XI Cirebon (ist)

RadarPriangan.com, CIREBON – Sebuah video viral di media sosial. Seorang pria dalam video tersebut menyatakan tahta sultan kasepuhan Cirebon direbut. Dia menyatakan keturunan asli Sultan Sepuh XI.

Ada dua video yang disebarkan. Video pertama menyebutkan bahwa pemilik asli tahta sultan kasepuhan sidak ke Keraton Kasepuhan.

Sementara video kedua adalah pernyataan sikapnya. Dia menyatakan mengambil alih tahta sultan kasepuhan. “Hari ini Sabtu 27 Juni tahta sultan kasepuhan diambil alih. Demikian video ini untuk disebarluaskan,” katanya.

Atas tersebarnya video tersebut, Sultan Sepuh, PRA Arief Natadiningrat menolak memberi tanggapan langsung.

“Saya masih dirawat di Bandung. Tidak usah diladeni. Bikin malu Cirebon. Nanti saya klarifikasi kalau sudah di Cirebon,” kata Sultan Sepuh menjawab pertanyaan media seperti dilansir dari Radar Cirebon (Radar Priangan Group).

Sementara itu, suasana Keraton Kesepuhan masih tampak normal pasca beredarnya sebuah video seorang pria yang menyatakan tahta kesultanan kasepuhan telah direbut dari tangan Sultan Sepuh PRA arif Natadiningrat.

Bahkan komplek keraton pun masih dibuka untuk wisatawan. Berdasarkan pantauan, beberapa orang petugas masih tetap melayani kunjungan para wisatawan yang hendak berlibur.

Pengamanan yang dilakukan juga tak ada perubahan seperti biasanya. Begitupun para abdi dalam dan pemandu wisata juga tetap melaksanakan tugasnya.

Salah seorang keluarga keraton Kasepuhan yang dihubungi Radar Cirebon enggan memberikan komentar terkait dengan beredarnya video tersebut. Menurutnya, hanya Sultan Sepuh yang berhak memberikan klarifikasi.

Sementara itu, Sultan Sepuh sendiri dikabarkan saat ini sedang menjalani perawatan di Kota Bandung.

(awr/RC/RP)