Usep Romli HM Wartawan Senior Garut Tutup Usia, Selalu Tabayun Ketika Menerima Informasi

202
Warga usai menyolatkan jenazah almarhum di Masjid Adawam Kiaralawang Desa Majasari Kecamatan Cibiuk

RadarPriangan.com, GARUT – Sastrawan sekaligus seorang wartawan senior H.Usep Romli HM, Rabu (8/7/2020) meninggal dunia di Klinik Al-Yamin Limbangan, Kabupaten Garut. Jenazahnya dibawa ke rumah duka di Kampung Kiaralawang, Desa Majasari, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut. Lalu jenazah mantan Ketua MUI Kecamatan Cibiuk itu disalati di Masjid Adawam Kiaralawang Desa Majasari Kecamatan Cibiuk.

Ratusan warga Majasari dan warga Kecamatan Cibiuk, secara bergiliran menunaikan salat jenazah di Masjid Adawam. Untuk mencegah kerumunan, warga yang menunaikan salat jenazah bergiliran. Pelayad yang datang ke rumah duka pun masuk dulu ke dalam Massjid Adawam untuk mendoakan jenazah H.Usep Romli HM. Jenazahnya, Rabu siang (8/7/2020) dimakamkan di tempat pemakaman umum Kiaralawang.

Uloh yang masih ada kaitan saudara dengan H.Usep Romli HM (alm), mengatakan, almarhum menderita sakit cukup lama. Penyakit yang dialaminya komplikasi. Uloh pun sejak Rabu pagi berada di Masjid Adawam setelah menjemput jenazah dari klinik.

H.Usep Romli HM meninggal dalam usia 72 tahun. Almarhum termasuk wartawan senior di Group Pikiran Rakyat. Sempat menunaikan tugas jurnalistik ke Timur Tengah dan sempat menjadi Pengurus PWI Cabang Jawa Barat.

Pada tahun 2010 almarhum sempat menjadi Ketua MUI Kecamatan Cibiuk. Almarhum meningalkan dua istri.

Begin warga Kiaralawang yang berguru ilmu jurnalistik kepada H.Usep Romli HM, mengungkapkan, sebagai guru dan orang tua dia sering menerima saran dan nasehat dari almarhum. Di antara nasehatnya adalah ketika menerima informasi dari siapapun harus tabayun. Artinya sekecil apapun informasi harus check and recheck agar informasi yang disampaikan bermaslahat.

Kades Majasari Sulaeman dan perangkat desa setempat saat dihubungi di Masjid Adawam, Rabu siang menuturkan, mereka kehilangan sosok tokoh masyarakat H.Usep Romli HM yang sempat menjadi Ketua MUI Kecamatan Cibiuk. Sebagai ungkapan duka mendalam, semua perangkat desa ikut melayat ke rumah duka.

Menurut mereka, Rabu (8/7) masyarakat Majasari kehilangan dua sosok tokoh masyarakat yaitu Dadi mantan kades dan H.Usep Romli HM mantan Ketua MUI Kecamatan Cibiuk. Jenazah Dadi sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum Maja Desa Majasari. Usai menghadiri pemakamana di Maja, kami pun menghadiri pemakaman jenazah H.Usep Romli HM di TPU Kiaralawang.(pap/RP)