Timnas U-19: Laga Keras, Insting Shin Tae Young Bekerja

56

SPLIT – Insting pelatih Timnas Indonesia U-19 untuk meramu Garuda Muda mulai menunjukkan hasilnya. 

Dalam laga uji coba melawan NK Dugopolje. Bagus Kaffa dan kolega menang 3-0 atas tim lapis dua Liga Kroasia itu di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kamis (8/10) lalu.

Tiga gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh dicetak oleh Braif Fatari pada menit ke-3, Brylian Aldama 15′(pen), dan Witan Sulaeman menit 21′.

Dalam laga tersebut, sejumlah aspek dilihat detil oleh Shin Tae-Young. Salah satunya melarang bek timnas Rizky Ridho mengeksekusi penalti.

Meski bertajuk duel uji coba, empat pemain Timnas dibekap cedera. Pemain-pemain yang mengalami cedera tersebut, yakni Amiruddin Bagas Kaffa, Mochamad Supriadi, dan Witan Sulaeman.

Cedera serius dialami Supriadi setelah berbenturan dengan pemain NK Dugopolje dan harus ditarik keluar. Hal yang sama juga dialami Bagas Kaffa dan Witan Witan Sulaeman ditarik pada babak kedua karena mengalami benturan keras dengan pemain lawan.

Laga ini merupakan uji coba pertama bagi Garuda Muda di bulan Oktober selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. TC di negeri berjuluk Vatreni tersebut sudah dilakukan sejak 30 Agustus 2020.

“Apresiasi kepada pemain yang mampu meraih kemenangan pada laga ini. Memang di babak pertama kami sanggup mencetak tiga gol dan menambah kepercayaan diri pemain,” kata pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong.

“Gol juga tercipta melalui proses yang baik. Pemain makin menunjukkan perkembangannya. Hari ini Yofandani dan Muhammad Fadhil menjalani debut untuk pertama kali selama uji coba di Kroasia, saya rasa mereka bermain dengan baik,” tambah pelatih asal Negeri Ginseng tersebut.

Selanjutnya Garuda Muda akan melawan Makedonia Utara di tempat yang pada Minggu (11/10/2020) mendatang. Saat ini total David Maulana dan kawan-kawan sudah menjalani delapan uji coba di Kroasia. Tujuh laga uji coba yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), dan Dinamo Zagreb (1-0).

“Alhamdulillah hari ini kami meraih kemenangan. Hasil yang bagus dan kami tidak kebobolan. Saya juga senang dapat dimainkan kembali oleh pelatih di babak kedua. Meski begitu baik saya maupun masih ada yang perlu dibenahi, untuk itu kami harus terus bekerja keras,” kata gelandang timnas U-19, Muhammad Kanu Helmiawan.

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah. (fin/tgr)