Tiga Rumah di Cisurupan Terbakar

244
Insiden kebakaran yang menghanguskan tiga rumah di Kecamatan Cisurupan, Selasa (6/8). (istimewa)

RadarPriangan.com, GARUT – Tiga rumah yang berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Selasa (6/8) hangus terbakar yang diduga akibat arus pendek listrik dari salah satu rumah yang berada di sekitar kaki Gunung Papandayan tersebut.

Kapolsek Cisurupan, Iptu Tito Bintoro menyebut bahwa tiga rumah yang terbakar adalah milik Edah (55), Yayat, 60) dan Kadar Mulyana. “Tiga rumah yang terbakar berada di Kampung Barukuray, Desa Sukatani, Kecamatan Cisurupan,” ujarnya, Selasa (6/8).

Berdasarkan hasil penyelidikan, kata Tito, kebakaran yang menghanguskan tiga rumah diduga akibat arus pendek di salah satu rumah milik warga yang terbakar. Hal tersebut menjadi kesimpulan sementara karena saksi pertama kali melihat api dari atap rumah salah satu warga dan merembet ke rumah lainnya yang berdekatan.

Kondisi kemarau yang disertai angin yang cukup kencang, lanjut Tito, api cepat membesar dan menghanguskan tiga rumah tersebut. Proses pemadaman pun dilakukan secara manual karena jaraknya yang cukup jauh dari jalan raya.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugiannya mencapai Rp 300 juta karena pemilik rumah tidak sempat menyelamatkan barang berharganya satu pun. Saat ini seluruh penghuni rumah yang terbakar sudah dievakuasi ke rumah saudara dan tetangganya,” katanya.

Menurut Tito, kebakaran selama Kemarau rentan terjadi di kawasan pemukiman hingga perekebunan karena berbagai faktor. Wilayahnya pun menjadi salah satu lokasi yang rawan terjadi kebakaran lahan.

“Kita berharap agar masyarakat menghindari perbuatan-perbuatan yang beresiko menimbulkan kebakaran seperti membakar sampah di dekat rumah atau membuang puntung rokok sembarangan,” ucapnya. (igo)