Tiga Bus Pariwisata Masuk Ciamis, Langsung Diperiksa

188
Kepala Dinas Kesehatan CIamis, Dokter Yoyo (Rizki Aldi Saputra)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis, terus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman virus Korona (Covid-19).

Segala potensi yang bisa mendatangkan virus masuk ke Ciamis terus ditekan sekuat mungkin. Bahkan warga Ciamis yang merantau ke luar pun diimbau sementara ini agar tidak pulang, terutama yang dari zona merah.

Di tengah upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis menekan penyebaran virus Korona ini. Hari Sabtu (28/03/2020) ini, di Ciamis kedatangan tiga mobil bus pariwisata tepatnya ke KEcamatan Sukadana.

” Perantau asal Ciamis, dipulangkan sementara karena libur panjang di pabrik tempat ia bekerja dengan muatan sekitar 109 karyawan,” ujar Dokter Yoyo, Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (28/3/2020).

Sebagai upaya antisipasi, kedatangan tiga bus ini langsung digiring ke lapangan Sukadana oleh TNI-Polri dan tim gugus tugas untuk dicek kesehatan. Mereka juga disemprot disinfektan.

” Kedatangan bus tersebut langsung disambut dan diarahkan ke area yang luas untuk mengecek suhu tubuh dan kesehatan penumpang,”ucap Yoyo.

” Mereka yang datang dan tidak ada kendala masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala(OTG) akan tetapi semua orang akan diawasi setiap jamnya dengan melibatkan puskesmas. Ditakutkan secara tiba-tiba akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,”katanya.

“Diharapkan para perantau yang di luar sana jangan duku pulang bila memang sayang keluarga, dihawatirkan virus Covid-19 menular ke keluarga. Tahan dulu di sana jaga diri dan jaga keluarga,”jelasnya.

Lebih jauh Yoyo menjelaskan, berdasarkan data terakhir saat ini, di Kabupaten Ciamis tidak ada pasien yang dinyatakan positif covid-19.

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sekarang ini berjumlah 4 orang dan satu sudah selesai sehingga tinggal sisa 3 orang.

Adapun untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 132 orang. Yang sudah selesai masa pemantauan sebanyak 56 orang.

“Alhamdulilah masih dalam keadaan zona Hijau di Ciamis, Jawa Barat, mudah-mudahan warga Ciamis tidak ada yang terkena dan sehat selalu,” katanya. (mg2)