Tarif Tol Mahal, Pemudik Lewat Jalur Selatan Diprediksi Naik 46%

401
Arus mudik lebaran melalui Jalan Limbangan-Malangbong, yang merupakan jalur selatan Jabar diprediksi akan naik. (Dok RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman menyebut bahwa jumlah pemudik yang melewati jalur selatan akan meningkat dibanding sebelumnya. Alasan kenaikan tersebut karena pemudik enggan menggunakan tol akibat dari naiknya harga.

“Info yang kita terima dari pusat memang pemudik tahun ini banyak yang memilih tidak menggunakan jalan tol trans Jawa. Salah satu penyebabnya sendiri akibat ongkosnya yang mahal,” kata Suherman, Selasa (28/5).

Diperkirakan, kata Suherman, peningkatan pemudik yang menggunakan jalur selatan karena enggan melewati jalan tol trans jawa mencapai 46 persen. Dengan kondisi tersebut, menurutnya kemungkinan besar jalur selatan akan terjadi kepadatan arus lalulintas yang lebih dari tahun kemarin.

“Selain karena harga tolnya yang mahal, alasan pemudik memilih jalur biasa juga karena biar tidak terlalu capek. Kalau lewat tol juga mungkin rest areanya sedikit. Di jalur biasa kan banyak tempat yang bisa digunakan istirahat kalau capek,” katanya.

Ia menyebut bahwa kepadatan arus lalulintas di jalur Limbangan-Malangbong yang terjadi hari ini sudah terprediksi jauh-jauh hari. Oleh karena itu, ia pun meminta agar seluruh pemudik tetap sabar dan mentaati arahan petugas yang ada di lapangan. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here