Tangani Masalah Sampah, Garut Belum Bisa Berlakukan Tipiring

210
Bupati Garut bersama instansi terkait melihat langsung kondisi TPA Pasirbajing, beberapa waktu lalu (Dok. RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Rencana pemberian sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring) bagi pihak-pihak yang membuang sampah sembarangan ramai menjadi perbincangan masyarakat Garut belakangan ini, baik di media sosial maupun di ruang publik pada umumnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Garut Rudy Gunawan, menilai penerapan Tipiring bagi pembuang sampah sembarangan dinilai belum bisa dilakukan di Garut saat ini.

“Kita ini menyangkut masalah itu harus hati-hati. Saya lebih baik melakukan penyadaran, masalah terkait sampah itu sudah disosialiasikan tapi sulit. Kalau Tipiring (diberlakukan, red) nanti pengadilan penuh, kita jangan saling tuding kenapa itu begini, ini begini, lebih baik preventif, masyarakat disadarkan,” kata Rudy.

Menurutnya, regulasi terkait masalah sampah itu sudah ada dalam Undang-undang serta Peraturan Daerah (Perda), namun Garut dinilainya belum bisa memberlakukan Tipiring.

“Memang karena keterbatasan lahan, kalau di gang-gang sempit mau dimana buang sampah? Tetap sekarang saya bertekad tahun 2021 Garut merebut Adipura,” pungkasnya. (erf)