Tingkatkan Layanan Damkar, Pemkab Tambah 3 Unit Mobil dan Tangki Air

410
Tiga unit mobil pemadam kebakaran baru yang dibeli Pemkab Ciamis

RadarPriangan.com, CIAMIS – Kurangnya kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) di Kabupaten Ciamis membuat petugas Damkar sering terlambat dalam memadamkan api. Pemerintah kabupaten ciamis  mendatangkan kendaraan Damkar dan 3 unit tengki air dari pengadaan di tahun 2019.

Sebelumnya, Pemkab Ciamis hanya memiliki 3 unit untuk mengcover 27 kecamatan, itu pun hanya ada 2 yang layak digunakan di Kabupaten Ciamis, karena satu unit lainnya rusak.  Sehingga, petugas kadang kelimpungan dalam bertugas.

“Pemkab ciamis mempunyai kendaraan Damkar sebanyak 3 unit hanya saja yang beroperasi cuma ada 2 yang satu tidak bisa beroperasi karena keadaan kendaraannya tidak memungkinkan, setiap ada kebakaran di wilayah Ciamis hanya 2 yang beroperasi sehingga bila ada kebakaran di wilayah Ciamis petugas sering terlambat memadamkan,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Jumat (13/12/2019)

Lanjutnya, sebanyak 3 Damkar baru dan 3 tangki penyedia air tersebut untuk melayani masyarakat ketika terjadi kebakaran. Unit baru ini akan disimpan di pusat kota Ciamis, Rancah dan Banjarsari. Nantinya, Damkar tersebut akan di simpan di parkiran kantor kecamatan untuk digunakan jika terjadi kebakaran.

“Damkar baru ini akan disebar di wilayah ciamis, Banjarsari, Rancah dan Perkotaan Ciamis,” tambahnya.

Dengan di tambahnya kendaraan Damkar tersebut, pihaknya berharap petugas bisa lebih maksimal dalam melayani masyarakat dengan cepat.

Lanjutnya, Pemkab Ciamis akan kembali menambah 3 unit lagi di tahun 2020. Untuk memenuhi kebutuhan operasional Damkar di 27 kecamatan, jumlah saat ini belum mencukupi.

“Tahun 2020 nanti kita akan tambah lagi 3 unit damkar untuk memudahkan jarak tempuh petugas”singkatnya

Sementara itu Plt Kasatpol PP Ciamis Titin mengatakan, dengan tambahan 3 pasang unit Damkar tersebut bisa memenuhi standar waktu respon selama 15 menit. Pasalnya, jika lebih dari 15 menit sudah dianggap habis dan petugas hanya memadamkan sisa kebakaran tersebut.

“Semoga saja dengan penambahan armada Damkar ini petugas bisa berjalan dengan lebih baik lagi, Kendaraan damkar sudah di tambah sekarang tinggal meningkatkan sumber daya manusia pada para petugas Damkar,agar lebih memahami dan memberikan rasa aman kepada masarakat,” pungkasnya. (*)