Sulit Cetak Atlet Berprestasi, Anggaran KONI Banjar Cuma Rp50 Juta

477

RADARPRIANGAN.COM, BANJAR – Pemerintah Kota Banjar tahun ini hanya menganggarkan Rp50 juta untuk KONI (Kominte Olahraga Nasional Indonesia) Kota Banjar. Anggaran sebesar itu ditujukan untuk keperluan operasional saja selama satu tahun. Dengan anggaran hanya sebesar itu, Koni terpaksa tidak bisa melakukan pembinaan atlet lokal. Dan untuk pembinaan cabor di bawah Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.

“Kita hanya diberikan anggaran untuk operasional saja sebesar Rp50 juta. Usulan untuk anggaran pembinaan tiap tahun kita ajukan tapi tidak disepakati karena kewenangan anggaran itu dikelola Dispora langsung. Koni sekarang tidak diberi kewenangan itu,” jelas Ketua KONI Kota Banjar Rachwan, saat dihubungi. 

Selain itu, Rachwan juga mengatakan, saat ini KONI tak memiliki kantor. Menurutnya urusan pembangunan kantor sudah disampaikan dan berharap akan terealisasi pada 2021 bersamaan dengan pembangunan gedung judo di Sport Center Langensari, Kota Banjar.

“Belum, sejuh ini kita belum punya kantor. Beda dengan Kota Tasikmalaya yang memiliki kantor KONI yang bagus, Banjar belum ada,” ucapnya.

Menurutnya kurangnya suplai anggaran yang masuk ke kas KONI berakibat pada minimnya kemunculan atlet dari cabang olahraga yang profesional. Atlet lokal sulit berkembang.

“Bercermin dari pengalaman Porda di Bogor tahun 2018, Banjar menjadi satu-satunya daerah yang tidak mendapat emas, hanya Kota Banjar. Kenapa demikian, karena kemampuan atlet lokal kita terbatas dan kalah saing dengan kota lain yang membeli atlet, Banjar kan ikut Porda tidak beli atlet, pakai atlet lokal semua,” tadasnya. 

Meski kurang dukungan anggaran, Ia berharap pada Porda 2021 yang akan datang atlet Banjar bisa menorehkan prestasi dengan meraih medali emas. Terlebih, Kota Banjar akan menjadi salah satu tuan rumah beberapa cabor Porda selain Kota Tasik dan daerah lainnya.

“Porda tahun 2021 itu tuan rumhnya Tasikmalaya dan Kota Banjar akan kebagian menjadi tuan rumah dari beberapa cabor, harapan kita meski kondisi atlet dan Cabor di Kota Banjar kondisinya begini, namun mudah-mudahan tetap bisa meraih prestsi dan mengharumkan Kota Banjar,” pungkasnya. (mg1)