Sopir Angkutan Umum di Ciamis Dites Urin

324
Tim gabungan melakukan ram check angkutan umum di Terminal Tipe C Ciamis. (RIZKI ALDISAPUTRA/RADAR PRIANGAN)

Ram Check Angkutan Lebaran

RadarPriangan.com, BANJAR – Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Ciamis, Kepolisian Resor (Polres) Ciamis, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, beserta TNI melakukan pengecekan kendaraan (ram check) di Terminal Tipe C Kabupaten Ciamis, Rabu (29/5/2019).

Hasil dari kegiatan dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2019 tersebut, petugas masih menemukan sejumlah angkutan mudik Lebaran yang bermasalah dalam hal kelengkapan administrasi dan fisik.

“Kami sudah melakukan pengecekan terhadap kendaraan Elf, bus besar dan kecil. Kami menemukan pelanggaran, ada kendaraan yang tidak melengkapi surat tanda nomor kendaraan (STNK), STNK-nya menggunakan fotokopi,” kata Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso.

Lanjut Bismo, petugas juga menemukan angkutan umum yang izin trayeknya sudah tidak habis.  

Setiap angkutan umum juga dicek secara fisik seperti lampu jauh, lampu sein, kevakuman rem, kipas air, kualitas ban, dan kelengkapan fisik lain yang vital bagi keselamatan jiwa para penumpang.

Dari hasil pemeriksaan itu, petugas menemukan bus yang memakai ban vulkanisir. 

“Bus tersebut tidak laik jalan sehingga kami meminta penumpang untuk turun dan kami minta bus segera diperbaiki,” ucap Bismo

Selain melakukan ram check petugas juga memeriksa kesehatan dan tes urine para sopir untuk antisipasi kecelakaan akibat human error. (mg2)