Solih: PAUD dan Gurunya Harus Unggul juga Kompeten

227
Pelatihan gerak dan lagu guru PAUD Pusat Kegiatan Gugus (PKG) se-Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut (Pepen Apendi)

GARUT – Kabid Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Solih, mengutarakan bahwa Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus unggul dan gurunya juga harus kompeten.

Untuk menuju ke arah sana, pelatihan peningkatan kapasitas guru sangat penting.

Hal tersebut disampaikan Solih ketika memberikan pemaparan pada kegiatan pelatihan gerak dan lagu guru PAUD Pusat Kegiatan Gugus (PKG) se-Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut di ruang rapat Desa Leuwigoong, Kecamatan Leuwigoong, Rabu (22/01/2020).

Pelatihan semacam itu, kata Solih, sesuai juknis untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di PAUD. Kemampuan guru PAUD harus lebih ditingkatkan lagi sesuai UU no 14 tahun 2005 tentang kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

Berbicara tentang kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, meliputi 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogig, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Kompetensi profesional sudah menyangkut kompetensi lainnya.

Sementara itu, PNF Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Leuwigoong, Momo, menuturkan, di Leuwigoong terdapat 8 TK dan 27 PAUD kelompok bermain.

Dari jumlah TK dan PAUD sebanyak itu, 3 lembaga di antaranya belum memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) karena berbagai faktor penyebab.

Momo pun menginformasikan kepada para guru PAUD dan TK, tentang Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 tentang gerakan lietarasi sekolah dan pembelajaran berbasis karakter sudah diterapkan.(pap)