Siswa MTs Tenggelam di Air Terjun Batusari Usai Selfie

323
Pencarian dilakukan oleh aparat dibantu masyarakat sekitar, hingga Fauzi ditemukan pada Kamis sore (11/4).

Di Pantai Karangpapak Cikelet, Warga Cimahi Ditemukan Meninggal

RadarPriangan.com, GARUT – Seorang pelajar MTs Darul Arqam Cisompet tenggelam di kawasan Air Terjun Batusari, Kecamatan Cisompet, Kamis (11/4). Ia ditemukan dalam kondisi meninggal dunia setelah sempat dilakukan pencarian selama beberapa jam oleh tim gabungan TNI-Polri, dan masyarakat setempat.

Komandan Kodim 0611 Garut, Letkol Infanteri Asyraf Aziz menyebut bahwa korban yang tenggelam diketahui bernama Fauzi, 15, warga Kampung Baktisari, Desa Sindangsari, Kecamatan Cisompet.

“Jadi korban ini pulang sekolah bersama temannya yang berjumlah 9 orang langsung main ke Curug Batusari. Korban Fauzi sendiri bersama tiga orang temannya naik ke atas batu yang berada di bawah air terjun untuk selfie, sedangkan enam lainnya di sekitar sungai,” kata Dandim.

Usai selesai selfie, Fauzi bersama temannya turun untuk kembali ke sungai, namun ia terpeleset sehingga terjatuh ke sungai yang arusnya sangat deras. Saat itu, teman-temannya sempat berusaha menolong namun tidak tertolong, sehingga langsung tenggelam dan tidak muncul lagi.

Saat itu, disebutkan Dandim, teman-teman Fauzi langsung meminta bantuan kepada warga yang tinggal di sekitar air terjun. Warga pun langsung mendatangi lokasi kejadian dan langsung melakukan pencarian sejak dilaporkan tenggelam sekitar pukul 12.00.

“Selama berjam-jam proses pencarian dilakukan bersama. Anggota kita yang bertugas di Koramil Cisompet ikut melakukan proses pencarian di sekitar sungai namun belum juga membuahkan hasil hingga sore sekitar pukul 15.30,” katanya.

Sekitar pukul 16.00, Fauzi ditemukan oleh tim pencarian gabungan, namun posisinya berada di sekitar lobang yang berada persis di bawah tempat jatuhnya air terjun.

“Karena berada di dalam lubang, meski sudah ditemukan proses evakuasi masih cukup sulit dilakukan, ditambah ainya juga cukup deras sekali. Hingga akhirnya sekitar pukul 16.35 akhirnya Fauzi bisa diangkat dalam kondisi sudah meninggal dunia,” jelasnya.

Jenazah Fauzi setelah berhasil diangkat langsung dibawa ke rumah duka dan diserahkan kepada orang tuanya.

Selain kejadian tersebut, kata Dandim, sebelumnya juga di wilayah pantai selatan sempat ada warga Cimahi yang tenggelam di Pantai Karangpapak, Kecamatan Cikelet. Jenazahnya ditemukan Kamis (11/04) setelah selama beberapa hari dilakukan pencarian oleh tim gabungan.

“Korban atas nama Asep Rohendi, 19, warga Cimindi, Cimahi. Jadi dia ini tengah berenang hingga akhirnya tenggelam. Lokasi penemuannya tidak jauh dari sekitar tempat Asep tenggelam,” jelasnya.

Dengan adanya kejadian ini, Dandim mengimbau kepada seluruh warga untuk lebih meningkatkan kewasadaan karena saat ini debitair laut dan sungai tidak menentu. Gelombang ombak dan arus air sungai tiba-tiba saja membesar sehingga cukup membahayakan.

“Kalau sungai ini kan saat hujan debitnya pasti meningkat tiba-tiba, termasuk juga gelombang di laut. Laut selatan Garut ini kan samudera, jadi ya ombaknya luar biasa,” katanya. (igo)