Sinergitas KPU Banjar dan Kejari di Pemilu 2019

235
MoU antara KPU dan Kejari Banjar untuk membangun sinergitas di Pemilu. (ANGGORO/RADAR PRIANGAN)

RADARPRIANGAN.COM, BANJAR – Dalam rangka memastikan seluruh tahapan Pemilu dapat berjalan secara aman, lancar dan tertib sesuai dengan peraturan dan perundangan-perundangan yang berlaku, KPU Kota Banjar laksanakan MoU dengan Kejaksaan Negeri Kota Banjar, Senin (25/3). 

Ketua KPU Dani Danial M mengatakan, penandatanganan MOU tersebut dalam rangka pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019. 

“Kegiatan ini sebenarnya kegiatan yang rutin kita selenggarakan, di setiap menghadapi penyelenggaraan Pemilu maupun pemilihan seperti pilkada beberapa saat yang lalu (tahun 2018) dan ini sifatnya memperpanjang dari jalinan kerjasama yang telah terbangun sebelumnya walaupun tetap ada perbaikan dan penyempurnaan di sana-sini”,Ungkapnya

Menurut Danial, Selain itu kegiatan tersebut untuk meningkatkan sinergitas dan koordinasi antara KPU Kota Banjar dengan Kejaksaan Negeri Kota Banjar.

“Maka untuk memastikan itu semua KPU juga perlu pendampingan dari instansi lain termasuk kejaksaan yang dalam perjalananya dapat memberikan pendampingan hukum, pertimbangan hukum,” ujarnya.

Danial menambahkan, ruang lingkup kerjasama dengan Kejaksaan yakni antara lain, bidang Perdata dan Tata usaha Negara. Yang meliputi pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lainnya yang berkaitan dengan tahapan Pemilu 2019. (mg1)