Seniman Minta Revitalisasi Gedung Kesenian Ciamis

230
istimewa

CIAMIS – Sekretaris Dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis Dadang Qimos, meminta Pemerintah Kabupaten Ciamis segera Merevitalisasi fungsi Gedung Kesenian. mengingat desakan dari para Seniman dan Budayawan yang dahaga akan geliat atmosfer seni budaya di Ciamis.

Dadang Qimos yang akrab dengan sapaan Kang Danqi menjelaskan, Kabupaten Ciamis harus berkaca kepada Tasikmalaya, kasus yang sama dengan kegagalan pembangunan Gedung Kesenian yang tidak representatif untuk aktivitas berkesenian, namun segera diperbaiki dengan komunikasi bersama Dewan Kebudayaan Tasikmalaya.

” Kita bisa berkaca dari Gedung Kesenian Tasik, awalnya memang tidak representatif, namun dilakukan renovasi sehingga dapat digunakan untuk kegiatan kesenian dan kebudayaan sampai saat ini,” ucapnya Senin (09/12/2019).

Danqi berharap secepatnya Gedung Kesenian direvitalisasi, mengingat banyak agenda seni budaya yang akan digelar dimana membutuhkan tempat yang representatif untuk digelar.

” Tatar Galuh Ciamis memiliki talenta seni yang berlimpah terlebih, didukung sejarah Kegaluhan yang menunjang akan kearifan lokal dan nilai luhur yang dapat menjadi ciri khas warga Ciamis. Ini mulai harus kita galakkan bersama dengan kesadaran dan kemauan ditambah dukungan dari Pemerintah dari aspek Infrastruktur,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis Iing Ahmad Rifai menjelaskan, ada dua opsi untuk menyelesaikan permasalahan terkait Gedung Kesenian, pertama merevitalisasi kedua pindah dan membangun kembali.

” Kita akan mempelajari terkait perihal Gedung Kesenian, yang jelas apa yang terbaik akan kita realisasikan, termasuk dengan mengumpulkan Seniman dan Budayawan untuk berdiskusi, mencari solusi dan bergerak bersama untuk menciptakan iklim seni dan budaya yang hakiki di Kabupaten Ciamis,” jelasnya. (mg2)