Semua SD di Cibiuk Gelar USBN Sendiri

471
Ilustrasi: Dok Radar Garut

RadarPriangan.com, GARUT- Semua SD baik SDN maupun SD swasta di Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Cibiuk, mulai Senin (22/4) menyelenggarakan Ujian Sekolah Bersandar Nasional (USBN) di sekolah masing-masing.

Peserta ujian dari SDN swasta yang tahun lalu bergabung mengikuti USBN di SDN terdekat, sekarang menyelenggarakan sendiri. Karena semua SD di Cibiuk sudah terakreditasi.

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Cibiuk Ade Udin,S.AG dan Pengawas SD Asep Sulaeman,S.Pd, Senin (22/4) mengungkapkan, jumlah peserta USBN murid Kelas VI di Cibiuk sebanyak 597 orang. Teridiri dari laki-laki 298 dan perempuan 299. Meski USBN diselenggarakan di sekolah masing-masing, guru pengawasnya disilang untuk menjaga obyektivitas pelaksanaan ujian.

“Guru pengawas USBN disilang, selai untuk menjaga obektivitas pelaksanaan ujian juga untuk meningkatkan hubungan silaturahmi sesama guru serta meningkatkan kerja sama sesama frofesi guru SD. Mereka pun bisa bersilaturahmi dengan kepala sekolah di lokasi USBN,” kata mereka.

Menurut mereka, pelaksanaan USBN hari pertama bidang study Bahasa Indonesia dimonitor oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, pengawas SD, Korwil Bidang Pendidikan dan Penilik Pendidikan Non Formal. Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan memonitor langsung pelaksanaan USBN di SDN 1 Cibiuk Kaler.

Para peserta USBN mengisi identitas peserta dan menjawab soal tak canggung lagi. Karena mereka sudah paham setelah mengikuti Pelaksanaan Pemantapan Ujian Sekolah (PPUS) sebanyak 2 kali. Di SDN 1 Cibiuk Kidul 21 peserta ujian menempati dua ruangan kelas. Mereka mampu mengisidan menjawab soal ujian sebelum limit waktu habis.

Kepala SDN 1 Cibiuk Kidul Dede Hasanah, S.Pd menuturkan, guru pengawas USBN di sekolahnya guru dari SDN 3 Cibiuk Kidul dan SDN 2 Cibiuk Kidul. Satu ruangan tempat USBN diawasi dua guru pengawas. Sedangkan guru SDN 1 Cibiuk Kidul menjalankan tugas sebagai guru pengawas ujian di sekolah lain.

Di pintu masuk ruangan USBN, dipampang tata tertib bagi peserta USBN dan tata tertib bagi guru pengawas ujian. Tata tertib itu diteken oleh Korwil Bidang Pendidikan Cibiuk Ade Udin. Tata tertib harus dipatuhi baik oleh peserta USBN maupun oleh guru pengawas.(pap)