Sempat Disangka ada Penggelembungan Suara di PPK Leuwigoong

217
Rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pemilu Pilpres dan Pileg PPK Leuwigoong di ruang kelas MTs Al-Yusufiyah, Rabu (24/4). (PEPEN APENDI/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Leuwigoong Asep, Rabu sore (24/4) mengungkapkan, rapat pleno hasil penghitungan dan perolehan suara pasangan capres cawapres dan calon anggota DPD di ruang kelas MTs Al-Yusufiyah tak terjadi penggelembungan perolehan suara pasangan capres cawapres.

Buktinya, saksi dari pasangan Capres Cawapres No 01 Moh Anggi Azis dan saksi dari pasangan Capres Cawapres No 02 Taufik Hidayat, sudah menandatangani hasil rekapitulasi penghitungan suara model DA1-PPWP.

Menurut Asep, Ketua dan anggota PPK serta para saksi sebelum menandatangani rekap hasil penghitungan dan perolehan suara diteliti dulu. Jumlah surat suara sah dan tidak sah serta surat suara keseluruhan dihitung berikut hasil peolehan suara. Semua angka yang tercantum hasil rekapitulasi, sudah sesuai.

“Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehana suara pasangan capres cawapres PPK Leuwigoong sudah selesai. Bila terjadi penggelembungan, para saksi tak mungkin mau membubuhkan tanda tangan. Para saksinya masih ada di ruangan rapat pleno,” kata Asep.

Menurutnya, ketika berlangsung rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara calon anggota DPD sempat terhenti belasan menit. Penyebabnya, blangko isian hasil perolehan suara habis. PPK pun mengupayakan membuat lagi blangko isian dan penghitungan serta perolehana suara calon anggota DPD dilanjutkan lagi hingga selesai.

Terhentinya rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara calon anggota DPD, diduga ada kesalahan persepsi. Yang terjadi adalah blangko isian habais dan dibuat lagi. Namun di luar ruangan rapat pleno, malah muncul hoaks, terhentinya rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara disangka terjadi penggelembungan perolehan suara.   

Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara pemilu presiden dan pileg PPK Leuwigoong, semula diselenggarakan di ruang rapat kantor kecamatan. Untuk mempercepat rapat pleno, lokasinya dialihkan ke MTs Al-Yusufiyah Jampang menggunakan beberapa ruangan kelas.(pap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here