Selain Mangkrak, Desain Gedung Art Center juga Dikritisi Seniman

389
Gedung Art Center di Jl Proklamasi masih dibiarkan mangkrak. (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Seniman di Garut berharap Pemerintah Kabupaten bisa membangun tempat pentas seni yang representatif. Hal tersebut diungkapkan Pupuhu Himpunan Sastrawan dan Dramawan (Hisdraga), Fahrurl S Jaladri, kepada Radar Garut beberapa waktu lalu.

“Tempat pentas yang ada di Garut belum representatif, seperti gedung Bale Paminton jika digunakan untuk pementasan harus dirombak lagi baik dari akustiknya, panggung, dan banyak hal lainnya,” katanya.

Tidak hanya itu, ia pun menyoroti mangkraknya gedung Art Center. Menurutnya, arsitektur gedung yang diperuntukkan pentas seni itu dinilainya kurang cocok dipakai pentas seni.

“Kalau gedung teater atau untuk pentas seni itu harusnya seperti bioskop, kursi penonton semakin ke belakang semakin tinggi. Ini datar, jadi seakan-akan ujungnya (gedung, red) untuk hajatan (resepsi pernikahan, red),” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengatakan, pihaknya telah menerima masukan dari para seniman Garut terkait konsep gedung kesenian, termasuk Bale Paminton dan gedung Art Center.

“Kita akan panggil dinas untuk tata kembali khusus di Bale Paminton, sementara untuk gedung Art Center mudah-mudahan selesai tahun ini, kita akan bangun bagian halamannya, pagar juga bangunannya,” pungkasnya. (erf)