SD di Cibiuk Kekurangan Guru PNS

353

RadarPriangan.com, GARUT – Jumlah SDN dan SD swasta di Kecamatan Cibiuk, sebanyak 22 sekolah. Sedangkan jumlah guru PNS hanya 43 orang. Jumlah PNS di Kantor Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Cibiuk termasuk pengawas, PNF dan penjaga SDN 64 orang. Beberapa orang di antaranya ada yang memasuki masa pensiun.

Jumlah SD dan jumlah guru PNS di Cibiuk, jelas tak sebanding. Beruntung banyak guru honorer yang mengabdi di SDN, sehingga kekurangan guru bisa teratasi.

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Cibiuk Ade Udin SAg mengungkapkan, idealnya jumlah guru PNS yang bertugas di SD sebanyak 184 orang. Per SD sesuai tingkat ideal harus memiliki 7 guru PNS. Karena sekolah kekurangan guru PNS, banyak SDN yang hanya memiliki seorang guru PNS seperti SDN 1 Cibiuk Kaler dan SDN 1 Lingkungpasir.

“Rata-rata jumlah guru PNS di SD Cibiuk haya 2 orang. Kondisi semacam itu, tentu saja jauh dari ideal. Kekurangan guru PNS terbantu karena dua orang guru honorer lulus CPNS dan guru honorer yang mengikuti seleksi Pegawai pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) sebanyak 8 orang. Setelah dihitung, tetap SD di Cibiuk masih kekurangan guru PNS cukup banyak,” kata Ade Udin ketika mengkaji kondisi guru PNS di Cibiuk, Rabu (10/4).

Kondisi SD di Cibiuk kekurangan guru PNS, kata Ade Udin, sudah diketahui dan dilaporkan kepada Kadisdik Garut. Selama ini belum ada guru PNS dari luar Cibiuk ingin pindah ke Cibiuk. Sebaliknnya, ada guru PNS dari Cibiuk yang sudah pindah Keluar Cibiuk.

Peran guru honorer membantu proses belajar mengajar di SD se-Kecamatan Cibiuk, sangat menunjang. Guru honorer pun dimotivasi untuk menyelesaikan jenjang pendidikan strata satu kependidikan untuk meningkatkan frofesionalisme dan untuk memperoleh tunjangan sertifikasi.

Karena SD di Cibiuk Kekurangan guru PNS, tak sedikit kepala sekolah yang harus mengajar ketika ada guru PNS yang sakit atau berhalangan mengajar. Guru honorer pun diusulkan agar memperoleh tambahan honor dari APBD, minimal penghasilannya setara Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Meski SD di Cibiuk kekurangan guru PNS, tutur Ade Udin, namun perkembangan lembaga pendidikan berkembang pesat. Buktinya, banyak pihak yayasan yang mendirikan SD dan SMP IT serta SD swasta. Bahakan di Cibiuk saat ini memiliki 3 buah SMK dan satu SMA swasta sebagai fakta berkembangnnya lembaga pendidikan di Cibiuk.(pap)