Sapa Pelaku UKM, Jokowi Sarankan Beli Baju Jangan dari Pinjaman Pokok

293
Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Kabupaten Garut didampingi Bupati, Rudy Gunawan

GARUT – Kunjungan Presiden Joko Widodo bersama rombongan ke Cibatu, Kabupaten Garut, Jumat siang (18/1/2019) disambut hangat oleh aparat dan masyarakat di stasiun kereta api Cibatu.

Jokowi didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan, ketika keluar dari pintu gerbang stasiun Cibatu membuka jaket warna merahnya. Lalu Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang itu, langsung menghampiri dan menyapa warga yang menunggunya di halaman stasiun sejak pagi.

Beberapa warga yang menunggunya sejak pagi, ketika dihampiri Jokowi spontan bersalaman. Mereka tampak bangga dan bersyukur bisa bersalaman langsung dengan Presiden.

Lalu Jokowi dan istrinya naik mobil RI 1 menuju alun-alun Cibatu melalui jalan Stasiun Pasko. Namun sayang sekali, ruas jalan yang dilintasi Jokowi dan rombongan di dekat persimpangan Jl.Sutan Shahrir ternyata kondisinya becek. Tentu itu sangat memalukan bagi Kabupaten Garut.

Di dalam Stasiun Cibatu, Presiden Jokowi dan rombongan, melihat grafik reaktivasi rel KA Cibatu – Garut – Cikajang dan menerima penjelasan dari PT KAI.

Kemudian di alun-alun Cibatu Presiden Jokowi bertatap muka dengan para pelaku UKM dan kelompok pengajian serta undangan lainnya. Presidien pun berdialog langsung dengan para pelaku UKM yang mendapat pinjaman modal usaha dari Bank.

Menurut Jokowi, para pelaku Usaha Kecil dan Menengah harus disiplin mengelola usaha, bekerja keras dan harus naik kelas. Karena melalui kerja keras, usaha pelaku UKM akan terus berkembang secara bertahap.

Dia pun mengingatkan kepada para pelaku UKM, boleh saja membeli baju dari keuntungan hasil usahanya.

“ Membeli baju boleh saja. Namun jangan diambil dari pinjaman pokok. Membeli baju diambil dari keuntungan usaha,” tutur Jokowi.

Usai melakukan kegiatan di alun-alun Cibatu, Jokowi beserta rombongan menuju Masjid Besar Cibatu untuk menunaikan salat Jumat bersama warga setempat dan para pejabat.(pap)