RSUD dr Slamet Garut Siapkan Ruangan Khusus Antisipasi Virus Corona

135
ilustrasi (fin.co.id)

GARUT – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut akan menyiapkan ruangan khusus untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Namun meski demikian masyarakat tetap diminta tidak panik dengan banyaknya pemberitaan soal virus corona.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Garut, Asep Surahman, menuturkan, pihaknya tengah bersiap untuk mengantisipasi virus corona. Hingga kini, belum ada laporan kasus corona di Garut.

“Tapi kami siap sedia. RSUD dr Slamet ditunjuk jadi rumah sakit rujukan jika ada kasus corona untuk wilayah Priangan Timur,” ujar Asep di Kantor Setda Garut, Selasa (28/01/2020).

Penunjukan RSUD dr Slamet, lanjutnya, berdasarkan keputusan dari Kementerian Kesehatan. Walau belum ditemukan kasus corona, Asep mengaku pihaknya terus melakukan pemantauan lapangan.

“Setiap rumah sakit dan klinik kami minta untuk segera melapor jika ada ciri-ciri terpapar corona. Biar segera tertangani,” katanya.

Menurut Asep, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Serangan virus bisa dicegah dengan menerapkan hidup bersih.

“Cuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker bisa jadi upaya pencegahan,” ujarnya.

Selain itu, Asep meminta masyarakat tak mengonsumsi makanan dari kelelawar dan ular. Karena ada indikasi penyebabnya dari kedua binatang itu.

Meski belum bisa dipastikan, lebih baik mencegah agar tak tertular.

“Di beberapa daerah masih suspect soal corona ini. Kewaspadaan perlu ditingkatkan. Jika mengalami batuk berdahak, demam bisa segera periksakan. Jangan dianggap sepele,” ucapnya.

Virus corona, disebut Asep hampir sama dengan flu biasa. Hanya saja penularannya disinyalir dari binatang. Kasusnya pun tak jauh berbeda dengan flu burung. (igo)