Rekrut Kader Baru, PKS Garut Laksanakan Training Orientasi Partai

122
Para tamu undangan beserta struktur pimpinan dan anggota legislatif Fraksi PKS pada pembukaan T.O.PKS Garut di Ballroom Fave Hotel Garut, Ahad (19/1)

GARUT – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Garut menggelar Training Orientasi PKS (TOP) bagi kadernya, Ahad (19/1) di Ballroom Fave Hotel. Kegiatan itu sebagai upaya pendidikan politik kepada masyarakat yang juga merupakan tanggung jawab setiap partai politik. 

Ketua DPD PKS Garut, Ir. Wawan Kurnia, merasa bangga dengan tingginya antusiasme dari banyak kalangan untuk mengikuti kegiatan T.O.PKS. Para peserta mendapat pemaparan materi terkait keagamaan, kebangsaan dan kepartaian dari narasumber yang memiliki kapasitas di masing-masing bidang.

“Ketika membuka pendaftaran T.O.PKS, peminatnya membludak luar biasa, sekarang saja dalam kegiatan ini hadir dari banyak kalangan mulai petani, pengusaha, buruh, hingga kalangan milenial yang mana mereka akan melanjutkan estapeta partai kedepan. Kita patut bersyukur, sampai saat ini PKS konsisten memperjuangkan aspirasi umat. Kita optimis PKS kedepan akan semakin besar, lebih banyak kader, serta semakin banyak berkhidmat untuk umat,” kata Wawan dalam sambutannya.

Lanjutnya, dengan adanya T.O.PKS ini diharapkan bisa PKS bisa lebih dikenal dan memberi pemahaman segala hal tentang partai, baik itu bagi kader maupun masyarakat umum. Dimana kata Wawan, tidak hanya sebagai wadah dalam memperjuangkan aspirasi umat, tetapi PKS juga sebagai entitas yang memberi kontribusi dalam menjaga NKRI serta menjadi wadah bagi bangsa dan negara Indonesia dalam mewujudkan cita-citanya.

“Maka tidak perlu ragu bergabung dengan kami (PKS, red), ajak masyarakat di kampung di kota dimanapun untuk bergabung dengan PKS,” tambahnya.

Terpisah, Bupati Garut Rudy Gunawan yang turut hadir membuka kegiatan T.O.PKS, mengatakan, hadir di kegiatan tersebut jadi terkenang masa-masa perjuangan dalam Pilkada Garut bersama PKS. Dirinya yang maju kembali bersama Helmi Budiman dan diusung Gerindra, PKS dan Nasdem itu juga bersyukur tensi politik yang sempat menekan pasangan petahana ketika Pilkada 2018 lalu bisa dilalui dengan kemenangan.

Hal itu kata Rudy, tidak terlepas dari peran kader PKS yang sangat militan dalam upaya pemenangan pasangan Rudy-Helmi di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut tahun 2018.

“PKS itu mempunya kader yang militan sehingga bisa mensosialisasikan kesejahteraan (kinerja positif Rudy-Helmi di pemerintahan, red),” kata Rudy.

Saat ini kata Rudy, PKS berstatus sebagai partai penguasa di eksekutif (Pemerintahan Kabupaten Garut), sehingga kita bersama-sama membangun Garut.

Ketika ditanya soal lahirnya partai baru yang identik dengan eks-PKS, Rudy yang juga merupakan kader Partai Gerindra mengatakan, hal tersebut merupakan bagian dari dinamika politik yang biasa terjadi dan tidak menjadi hambatan bagi partai sekelas PKS. Pasalnya kata Rudy, jika dilihat dari rekam jejak politik, hal serupa juga terjadi pada partai politik lainnya.

“Harapan saya kedepan PKS bisa lebih baik lagi dari segi kredibilitas dan integritasnya, semakin kompak. PKS ini sebagai partai yang taat konstitusi serta berkontribusi dalam menjaga NKRI dan pilar bangsa melalui politik,” kata Rudy dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, mengatakan, PKS tengah menyiapkan sumber daya manusia kepemimpinan formal maupun non formal. Sehingga kata Helmi, T.O.PKS ini menjadi sarana dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam kaderisasi partai.

“Partai menjadi pilar bangsa negara, artinya pengelolaan partai akan berdampak pada bagaimana kita membangun negara, karena partai juga berperan dalam menyiapkan SDM kepemimpinan, tidak hanya formal seperti Bupati, Wakil Bupati atau Kepala Desa, tapi di tingkat masyarakat juga perlu ada figur pemimpin dalam aspek informal. Saya lihat PKS menyiapkan calon pemimpin baik formal dan informal, banyak yang bergabung dari berbagai kalangan profesional, buruh, petani, nelayan, pengusaha, disitu harus banyak kader dan tentu kita berharap kader ini bisa bermasyarakat, dalam kehidupan sosial memiliki peran penting,” pungkasnya.

Selain dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Garut, T.O.PKS juga dihadiri Anggota DPR RI Fraksi PKS Thoriq Hidayat, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ahab Sihabudin, para Anggota DPRD Garut Fraksi PKS, Komandan Kodim (Dandim) 0611 Garut, Letkol Inf. Erwin Agung, tokoh ulama atau pimpinan pondok pesantren Darussalam Kh. Cecep Abdul Halim, dan para peserta T.O.PKS Garut. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here