Program Jumantik Efektif Cegah DBD

340
Tim Kesling Puskesmas DTP Leuwigoong terjun ke lapangan

GARUT – Untuk mencegah penyebaran demam berdarah dengue (DBD), DPT Puskesmas Leuwigoong, Garut menerjunkan tim kesling (kesehatan lingkungan).

Tim ini terjun guna memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang metode menangkal penyebaran nyamuk yang membawa virus DBD tersebut.

Di antara program yang disosialisasikan kesling ini adalah menerangkan program satu rumah satu Jumantik (juru pemantau jentik) ke rumah-rumah warga.

Kepala Puskesmas DTP Leuwigoong, Tatang Sukmana, menilai program jumantik ini efektif memberantas penyebaran nyamuk aedes aegypti pembawa virus DBD.

Jumantik inilah yang diharapkan dapat memantau apakah di rumah ada jentik nyamuk atau tidak.

Langkah yang dapat dilakukan Jumantik ini adalah dengan 3M plus, yaitu menguras bak mandi, menutup penampungan air dan mengubur tempat yang dapat dijadikan nyamuk bertelur.

Kemudian ditambah dengan menabur bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

“ Di rumah pun harus dihindari menggantungkan pakaian yang dapat digunakan peristirahatan nyamuk. Tidur di kamar harus memakai kelambu dan menggunakan obat nyamuk. Langkah-langkah semacam itu merupakan bagian dari prilaku hidup bersih dan sehat,” kata Tatang, Kamis (14/2/2019). (pap)