Prioritas Pengamanan di Jalur Wisata

338
Kasat Lantas Polres Garut, AKP Rizky Adi Saputro saat mendampingi Kapolres Garut melakukan pengecekan kendaraan di Terminal Guntur, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (21/12/2018)

GARUT – Kepolisian Resor Garut memprioritaskan pengamanan jalur objek wisata di Kabupaten Garut selama musim liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga arus lalu lintas tetap lancar dan tidak terjadi gangguan keamanan maupun ketertiban umum.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro menyampaikan, bahwa jajarannya siap memberikan pelayanan pengamanan kepada masyarakat dalam rangka musim libur panjang natal dan tahun baru.

Menurut dia, musim libur tersebut masyarakat cenderung mengunjungi tempat wisata, berbeda dengan pengamanan hari raya lebaran yakni pengamanan jalur kendaraan arus mudik.

“Untuk pengamanan anggota yang melakukan pengatuan arus lalu lintas selama natal dan tahun baru ini kita akan fokuskan di tempat wisata. Kalau sekarang ini orang itu datang ke tempat wisata, beda dengan lebaran mudik ke kampung halaman, jadi sekarang pengamanannya di tempat wisata,” tegasnya usai pemeriksaan kelayakan kendaraan umum di Terminal Guntur, Jumat (21/12/2018).

Ia mengatakan, jajarannya saat ini sudah siap diterjunkan di jalur yang menjadi lintasan kendaraan para wisatawan seperti Jalan Kadungora-Leles-Tarogong, kemudian jalur Limbangan-Malangbong.

Kepolisian, lanjut dia, tidak hanya mengamankan kawasan jalur wisata, tetapi jalur utama di Garut juga mendapatkan perhatian agar arus lalu lintas tetap lancar.

“Kalau terjadi kepadatan arus lalulintas kita berlakukan CB (cara bertindak) ‘one way’ seperti di Leles-Kadungora itu sering ‘one way’. Namun tentunya untuk pengurasannya nantinya akan disesuaikan dengan jumlah kendaraan, apakah yang mengarah ke Garut, Tasikmalaya, atau ke Bandung, ada penyesuaian,” katanya.

Pihaknya, diakui Rizky, saat ini sudah mempersiapkan berbagai kelengkapan yang dibutuhkan selama operasi Lilin Lodaya 2018. Rencananya, hari ini Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto akan melakukan pemeriksaan pos pengamanan di Limbangan guna mengecek kesiapan dari Polres Garut. (igo)