Persebaya vs Arema FC: Serang, Masukkan Gol Sebanyak-banyaknya!

354
Persebaya akan menekan sejak menit awal saat menjamu Arema FC di leg 1 final Piala Presiden, hari ini (9/4). (Persebaya Official)

RadarPriangan.com, SURABAYA – Persebaya Surabaya harus memanfaatkan status tuan rumah pada leg pertama final Piala Presiden 2019, Selasa (9/4) sore WIB untuk mendulang gol sebanyak-banyaknya. Sebab, selisih gol akan sangat menentukan siapa yang berhak mengangkat trofi. Berdasar itu, tak ada hal lain yang bisa dilakukan dalam laga nanti kecuali serang, serang, dan serang.

Persebaya bersua Arema FC pada final Piala Presiden 2019. Berdasarkan hasil drawing, Persebaya bertindak sebagai tuan rumah leg pertama pada Selasa (9/4) sore WIB. Sementara leg kedua digelar di Malang, Jumat (12/4) malam WIB.

Secara perhitungan nonteknis, Persebaya sedikit tidak diuntungkan karena bermain di kandang sendiri pada leg pertama. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan beban cukup berat ketika bertandang ke Malang pada leg kedua nanti.

Akan tetapi, jika melihat hasil pertandingan semifinal melawan Madura United, status sebagai tim tamu pada leg kedua nyatanya tidak berpengaruh terhadap Persebaya. Persebaya justru tampil trengginas pada leg kedua babak semifinal di Pamekasan.

“Ini partai final. Setiap tim berambisi untuk menang. Karena dilangsungkan dua leg, agregat gol berpengaruh. Kami ingin menang,” ujar asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro kepada awak media Senin (8/4) sore.

Alhasil, Persebaya akan tetap memainkan gaya mereka yakni ofensif. Damian Lizio cs bakal tampil menyerang total demi mendapatkan gol sebanyak-banyaknya.

Perjalanan Persebaya di Piala Presiden 2019 terbilang mulus. Mereka belum terkalahkan sejak babak grup hingga semifinal. Bahkan, tim berjuluk Green Force itu berhasil mengalahkan klub-klub tangguh seperti Persib Bandung dan Madura United.

Menurut Bejo, kemenangan atas Madura United yang memberikan efek besar ke mental pemain. Sebab, Persebaya berhasil menundukkan tim yang menyandang julukan Los Galacticos Indonesia. “Itu menjadi motivasi lebih,” ucapnya.

Sementara itu, arsitek Arema FC, Milomir Seslija tampak sangat relaks menyambut pertandingan melawan Persebaya. Tak ada gurat keresahan di wajah Milo. Sebaliknya, eks pelatih Persiba Balikpapan itu rajin menebar senyuman.

Dia mengatakan jika Arema FC datang ke Surabaya dengan penuh percaya diri. Pasalnya, mereka adalah tim paling produktif di Piala Presiden tahun ini. Arema FC mengalami peningkatan pesat setelah ditundukkan Persela Lamongan pada babak grup.

Milo menceritakan bagaimana timnya bisa bengkit setelah kekalahan itu, dan mengubah cacian menjadi pujian. “Pada saat itu kami tidak memedulikan kritik. Kami bekerja keras setelah kekalahan itu,” jelas pelatih asal Bosnia-Herzegovina itu.

Persebaya, lanjut Milo, merupakan rival yang membahayakan. Walaupun demikian, Arema FC sudah sangat siap untuk bentrok dengan Green Force. “Memang tidak mudah. Kami berharap bisa berbuat sesuatu,” harapnya.

3 Pertemuan Terakhir:
06/10/18 Arema FC vs Persebaya: 1-0
06/05/18 Persebaya vs Arema FC: 1-0
02/03/18 Persebaya vs Arema FC: 0-2

5 Pertandingan Terakhir Persebaya:
Madura United vs Persebaya: 2-3
Persebaya vs Madura United: 1-0
Persebaya vs PS Tira Persikabo: 3-1
Persebaya vs PS Tira Persikabo: 0-0
Persebaya vs Persib: 3-2

5 Pertandingan Terakhir Arema FC:
Kalteng Putra vs FC: 0-3
Arema FC vs Kalteng Putra: 3-0
Bhayangkara FC vs Arema FC: 0-4
Arema FC vs Persita: 6-1
Persela vs Arema FC: 1-0

Perkiraan Susunan Pemain
Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, M Syaifuddin, Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama Pranata, Misbakhus Solikin, M Hidayat, Damian Lizio, Manu Dzhalilov, Irfan Jaya, Amido Balde
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Arema FC: Kurniawan Kartika Ajie, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Johan Alfarizie, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, Makan Konate, Dendi Santoso, Ricky Kayame, Dedik Setiawan
Pelatih: Milomir Seslija

Prediksi:
Persebaya Menang: 37%
Arema FC Menang: 34%
Imbang: 29%

(jpc/fajar)