Pramuka Kwarcab Ciamis Audiensi dengan Bupati, Bahas Agenda Muscab

136
Bupati Ciamis audiensi dengan pengurus Pramuka Kwarcab Ciamis bahas agenda Muscab (Rizki Aldi Saputra)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Bupati Ciamis, Jawa Barat, Herdiart Sunarya menerima audiensi dari Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Ciamis di ruang oproom Sekretartiat Daerah Kabupaten Ciamis, Senin (02/03/2020).

Nanang Permana, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwarcab Ciamis menyampaikan, audiensi ini membahas terkait agenda Musyawarah Cabang periode 2015-2020 yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 Maret 2020 di Pangandaran.

“Kepengurusan Kwarcab Ciamis pengurusannya akan selesai tahun 2020, namun dikarenakan ketua tidak menetap di Ciamis sehingga akan dipercepat pada minggu pertama bulan Maret 2020,”jelasnya.

Pada Kesempatan tersebut Nanang Permana meminta izin dispensasi untuk para pengurus Gerakan Pramuka Kepada Bupati untuk para ASN yang mengikuti kegiatan musyawarah cabang ini.

Menanggapi apa yang telah disampaikan, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, Muscab Kwarcab Ciamis dilaksanakan sebagai upaya memilih kepengurusan yang baru.

Dia berharap mudah-mudahan kegiatan berjalan lancar tertib sesuai dengan rencana.

“Yang penting bisa dijalankan secara fair play dan sebaik-baiknya, saya menyarankan pelaksanaan musyawarah untuk dilaksanakan di Ciamis”

“Secara ex-officio saya selaku Bupati secara langsung sebagai Mabicab Kwarcab Ciamis, dengan kondisi tersebut semoga pramuka dengan pemerintah terjalain kerjasama dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Wawan S Arifin, Puslitbang Kwarcab Ciamis mendukung sejauh mana gerakan pramuka bisa berdayaguna dengan pemerintah.

“Kita berorientasi terkait sumber daya utk kehidupan di bidang formal dan life skill agar kader pramuka memiliki kemampuan untuk mandiri,” jelasnya.

Pramuka harus bisa membantu dengan program pemerintah, salah satunya yang sudah berjalan dan terasa yaitu di bidang pariwisata dan pembangunan karakter.

“Subtansi kepramukaan harus dikembangkan, Pramuka harus memperlihatkan kerjanya terutama dalam setiap pelaksanaan yang terjamin keamanannya,”jelasnya.(mg2)