Pohon Tumbang dan Longsor, Landa Kabupaten Ciamis dalam Satu Hari

102
Pohon tumbang timpa rumah warga (Rizki Aldi Saputra)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, minggu (23/02/2020) menyebabkan pohon tumbang dan longsor menimpa rumah warga di beberapa titik.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sejumlah pohon tumbang di Dusun Cimanggu, Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, pohon berukuran sedang dan besar menimpa sebagian rumah warga dan beberapa pohon tumbang ke jalan desa.

“Sore hujan angin kencang, banyak pohon tumbang. Beberapa pohon di antaranya menimpa bagian atap rumah warga. Saat ini masih pendataan dan warga gotong royong langsung membereskan pohon yang tumbang,” ujar Sholihin Susanto, tokoh Masyarakat setempat.

Sementara itu ,pohon tumbang juga terjadi tidak hanya di daerah saja tetapi di perkotaan Ciamis. Sebuah pohon besar yang berada di Jalan Ahmad Yani tepatnya depan SPBU kota tumbang menutupi jalan tersebut. Akibatnya arus lalu lintas dari arah Tasikmalaya menuju Banjar terganggu.

” Setelah adanya laporan dari masyarakat, Kepolisian, Tagana beserta masyarakat langsung membersihkan pohon tumbang yang menutupi jalan tersebut agar warga bisa melanjutkan perjalanan,”ujar Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis, Ade Waluya.

Menurutnya, selain pohon tumbang, hujan deras juga mengakibatkan tanah longsor di Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Tanah longsor tersebut menimpa 2 rumah milik warga. Akibatnya rumah tersebut mengalami kerusakan pada bagian dinding tembok. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Pemilik rumah langsung diungsikan ke rumah keluarganya, karena keadaan rumah tersebut tertimbun tanah dan bagian tembok jebol,”jelasnya.(mg2)