PLN UP3 Garut Gelar Pekan Simulasi Kebakaran

139
Pejabat K3L PLN UP3 Garut difoto usai pelaksnaan kegiatan tanggap darurat kebakaran (foto : Istimewa)



RadarPriangan.com, TAROGONG KIDUL – Bencana kebakaran banyak terjadi dimana –mana selama musim kemarau ini, sehingga patut diwaspadai . sebagai langkah upaya pencegahan, PLN  UP3 Garut, mengelar Pekan Simulasi Kebakaran sejak 1 September hingga 6 September 2020.

Manager PLN UP3 Garut Fauzan didampingi Pejabat Operasional K3 dan Keamanan  Husnul Yakin  mengatakan simulasi ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran di lingkungan perkantoran PLN.

Oleh sebab itu, PLN menggelar pelatihan simulasi penggunaan proteksi kebakaran kepada para karyawan, yang dilakukan  di halaman parkir kantor PLN UP3 Garut Jalan Oto Iskandar Dinata Tarogong Kidul  Garut.   

“Dalam simulasi kali ini, kita juga berfokus pada kecepatan dan ketepatan dalam penggunaan alat pemadam api, baik Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) maupun Hydran,” jelas Jumat, (4/9/20)

Ia menambahkan, pada kegiatan inj para peserta juga dibekali dengan edukasi tentang prosedur tanggap darurat, pengujian dan pemeriksaan sistem proteksi kebakaran .

Dalam pelaksanaan kegiatan ini pihaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19.  Dengan tetap menjaga jarak aman, menggunakan masker, memastikan seluruh personilinternal dan eksternal yang terlibat dalam kondisi sehat, menjaga kebersihan / mencucitangan serta membatasi kerumunan orang dan meminimalkan kegiatan di dalam
Kedepannya, pelatihan tersebut diharapkan dapat diterapkan oleh para peserta bukan hanya bagi gedung perkantoran PLN saja. Utamanya juga bagi instalasi ketenagalistrikan lainnya seperti Objek Vital Nasional, gudang dan lain lain.

Menerapkan Good Corporate Gorvernance (GCG), PLN selalu berupaya menjaga aset paling berharga korporasi, yakni segenap insan PLN agar dapat bekerja dengan mengacu terhadap  keselamatan, kesehatan dan keamanan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut  hasil rapat koordinasi pelaksanaan simulasi sistem proteksi kebakaran oleh Divisi HSSE PLN Pusat pada tanggal 01 September 2020,  dalam rangka pekan proteksi kebakaran  dimana unit diwajibkan  melaksanakan kegiatan Simulasi Sistem Proteksi Kebakaran mulai tanggal 01 — 10 September 2020.

Selain itu pelaksanaan kegiatan ini pun mengacu kepada  Surat edaran Bupati Garut nomor 364/308/2020  tentang pemeriksan  alat proteksi kebakaran., jelasnya (nal/bbr)