Piala Dunia U-20 Tidak Berubah, Sesuai Jadwal Semula

44
ist

RadarPriangan.com, JAKARTA – Persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang akan berlangsung di Indonesia tetap berjalan on schedule.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat mengikuti rapat virtual dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, Rabu (29/7/2020).

“Atas nama rakyat Indonesia, sekali lagi kami sampaikan terima kasih atas penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah even bergengsi ini. Dengan dukungan pemerintah yang sangat luar biasa, PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia terus bekerja keras memastikan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 sesuai rencana,” kata Iriawan.


Dalam kesempatan tersebut, Iriawan juga menyampaikan bahwa PSSI berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk kembali menggelar aktivitas persepakbolaan di Indonesia.

“Kami berencana menggulirkan kembali Liga 1 pada Oktober mendatang, dan dalam hal ini pemerintah juga memberikan support yang sangat besar,” ungkapnya.

Pertemuan tersebut juga diikuti Senior Vice President FIFA sekaligus Presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dan Deputi Sekjen FIFA bidang Sepak Bola Mattias Grafström ini melibatkan para presiden federasi sepak bola Asia Tenggara ini.

Gianni berharap federasi sepak bola negara-negara anggota FIFA bisa bersama-sama mengatasi Covid-19 dan melewati masa sulit ini.

FIFA juga menyatakan akan memberikan dana bantuan Covid-19 yang akan dikucurkan pada tiga termin. Hal itu sebagai wujud solidaritas dan agar asosiasi sepak bola di dunia tetap bertahan pada situasi ini.

“Selain itu, jika diperlukan, FIFA juga memberikan kemungkinan dana pinjaman jangka panjang berdasarkan kesulitan yang dihadapi asosiasi sepak bola anggota kami,” kata Gianni.

Presiden FIFA memaparkan, Pandemi Covid-19 membuat organisasi sepak bola dunia melakukan berbagai perubahan pada kalender kegiatan persepakbolaan. Jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seharusnya digelar Maret dan Juni lalu digeser menjadi Oktober dan November 2020.

Demikian juga untuk jadwal Piala Dunia Wanita U-17 yang seharusnya berlangsung di India pada 2-21 November 2020 diundur menjadi 17 Februari – 7 Maret 2021.

Sementara itu, Piala Dunia Futsal yang sedianya berlangsung September 2020 di Lithuania pun diundur pada September-Oktober 2021.

Adapun Kejuaraan Dunia Antarklub semula dijadwalkan di Tiongkok pada pertengahan 2021 harus diundur pada tahun berikutnya karena waktunya bersamaan dengan gelaran Piala Eropa dan Copa America yang juga mengalami pergeseran akibat Pandemi Covid-19.

“Kongres FIFA yang seharusnya berlangsung September ini pun dengan terpaksa hanya digelar secara online,” kata Gianni.

FIFA pun terus menjalin koordinasi dengan WHO, dalam memonitor dan mengantisipasi pandemi Covid-19 yang masih melanda 216 negara di dunia ini.

“Kesehatan dan keamanan para pemangku kepentingan merupakan prioritas utama kita dalam bekerja,” pungkasnya.

Mereka yang hadir dalam rapat virtual ini antara lain Manajer Pengembangan Strategis FIFA Tom Gorissen, Manajer Pengembangan FIFA Lavin Vignesh, Presiden AFC Salman Bin Ibrahim Al-Khalifa, Presiden AFF Khiev Sameth dan sejumlah presiden federasi sepakbola ASEAN lainnya. (fin/tgr/RP)