Petugas Temukan Makanan Mengandung Zat Penyebab Kanker di Pasar Ciamis

176
Petugas memeriksa makanan di pasar Ciamis

CIAMIS – Menjelang akhir taun 2019 Tim Gabungan menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Manis, Kabupaten Ciamis, Rabu (11/12/2019).

Petugas Tim gabungan yang terdiri dari Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Metrologi, Bulog dan Badan POM menemukan sejumlah makanan diduga mengandung zat kimia berbahaya penyebab kanker.

“Tadi beberapa makanan diuji lab oleh Badan POM. Setelah diuji memang hasilnya positif mengandung zat kimia berbahaya penyebab kanker. Selanjutnya kita berkoordinasi dengan Badan POM untuk langkah selanjutnya,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso.

Dari pantauan, para petugas ini menyusuri sejumlah kios pedagang beras, sembako, sayuran, ikan dan daging. Petugas Badan POM mengambil sampel beberapa makanan dan bahan makanan dengan warna mencolok, untuk selanjutnya diuji di laboratorium keliling. Makanan tersebut antara lain kerupuk berwarna, kue basah, mie, bakso dan ikan asin.

“Petugas berkeliling untuk mengambil sempel,Kerupuk merah dan kue lapis mengandung zat pewarna tekstil. Mie juga positif mengandung formalin. Petugas juga menemukan ikan teri mengandung formalin yang cukup pekat,”ujarnya.

Dengan ditemukannya makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut lanjut Bismo pihaknya langsung memberikan pembinaan kepada pedagang.

“Kita berikan pembinaan kepada pedagang untuk tidak menjual lagi makanan tersebut. Karena kalau dikonsumsi terus menerus dapat menyebabkan kanker,” jelasnya.

Bismo menegaskan sidak itu juga untuk mengecek harga dan ketersediaan barang menjelang Natal dan Tahun baru. Sekaligus untuk melindungi konsumen. Untuk persediaan barang di Pasar Manis Ciamis masih aman, termasuk harga masih stabil tak ada kenaikan yang signifikan. (mg2)