Peringatan Bupati Garut, Kepsek tak Boleh Rekrut Tenaga Honorer

356
BERBARIS: Sebanyak 147 kepala sekolah SMP yang dilantik Bupati Garut Rudy Gunawan, pada apel pagi, Senin (4/3). (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Sebanyak 147 Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Garut resmi dilantik. Prosesi pelantikan dipimpin Bupati Garut Rudy Gunawan pada apel gabungan di Lapang Setda Garut, Senin (4/3).

Dalam kesempatan itu, Bupati melakukan pengangkatan dan pemberhentian terhadap 143 Kepala Sekolah SMPN, 3 Kepala Sekolah TK Negeri dan 1 Kepala Sanggar Kegiatan Belajar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

Kepada para kepala sekolah yang baru dilantik, Rudy mengingatkan, banyak sekolah yang masih membutuhkan ruang untuk berinovasi, berinspirasi hingga bermain untuk anak.

Melihat kondisi ini, Rudy berharap, para kepala sekolah bisa turut serta dalam memberi solusi untuk pengembangan dan tersedianya fasilitas untuk kebutuhan pendidikan para peserta didik.

Lanjutnya, para kepsek pun diimbau bijak dalam mengelola anggaran yang masuk ke sekolah, terutama Biaya Opersional Sekolah (BOS).

”Saya titip anak-anak agar mendapat perhatian penuh untuk kebutuhan sekolahnya, mulai dari seragam, sepatu dan buku – buku yang diperlukan, saya ingin mereka yang miskin bisa sekolah dan dipastikan mempunyai semangat untuk belajar,” kata Rudy dalam sambutannya.

Tidak hanya itu, Bupati pun melarang bagi para kepsek untuk merekrut tenaga guru honorer tanpa ada konsultasi dengan Disdik. Meski tenaga guru masih kurang, namun regulasi saat ini belum memungkinkan untuk pengangkatan guru honorer.

JANJI: Para kepala sekolah saat diambil sumpahnya.

” Kalau itu dilakukan (oleh Kepala Sekolah, red), saya meminta Dinas Pendidikan untuk membatalkan,” kata Rudy.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, berharap, para Kepala Sekolah yang baru dilantik bisa segera bekerja, termasuk berperan dalam akselerasi peningkatan indeks pendidikan di Kabupaten Garut.

“Kita berharap mereka bisa bekerja dengan baik dan lebih baik lagi kedepannya,” kata Totong.

Selain Kepala SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut akan kembali melantik sebanyak 1.500 Kepala Sekolah Dasar (SD) Rabu (6/3) mendatang. Pelantikan akan dipimpin oleh Bupati Garut. (erf)