Penutupan TPS Ilegal Tak Membuahkan Hasil

279

BANYURESMI – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi  dan kelompok warga, untuk menutup TPS ilegal. Namun upaya itu tak membuahkan hasil, masih banyak saja yang membuang sampah di pinggir jalan.

Kades Sukamukti Dadan Hamdani mengatakan, upaya mereka menutup TPS ilegal seolah tak membuahkan hasil, padahal gerakan terus dilakukan agar warga Sukamukti terbebas dari polusi sampah.

“Setelah dievaluasi, ternyata penutupan dan penanganan TPS ilegal harus melibatkan berbagai pihak berlandaskan kebersamaan dan kesadaran. Para pembuang sampah pun tak merasa jera karena sanksinya ringan. Kecuali pembuang sampah menyadari sendiri tak membuang sampah sembarangan,”katanya Selasa (6/11).

Hal yang sama juga terjadi di Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu. Ketua LPM Desa Cibatu Popo menuturkan, dia bersama kades, Babinsa dan Babinkamtibmas sering melakukan gerakan mengangkat dan membakar tumpukan sampah di TPS ilegal dibawah gorong-gorong Mangkubumi. Gerakan itu bekerja sama dengan para pegawai Dinas PUPR.

Setelah sampah bersih dan dipasang larangan membuang sampah, ternyata sampah menumpuk lagi karena dibuang pada malam hari menggunakan kendaraan.

Menurut Popo, kesadaran  tidak membuang sampah sembarangan harus lebih disosialisasikan. Meski menyadarkan pembuang sampah tak semudah membalikan telapak tangan. Namun bila tak diupayakan khawatir warga yang membuang sampah sembarangan terus bertambah tanpa memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan. (pap)