Pendapatan Ciamis Minim, APBD 2021 Diperkirakan Defisit

67

RadarPriangan.com , CIAMIS – Sumber daya keuangan Kabupaten Ciamis semakin terbatas akibat pandemi covid-19.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan, dengan kondisi tersebut mengharuskan agar berpikir ralistis namun tetap optimis dalam melaksanakan pembanguan berkualitas dan berkelanjutan. Tentunya kata Herdiat, dengan tetap menjaga kinerja pengelolaan keuangan daerah.

Untuk strutur APBD Ciamis Tahun Anggaran 2021, Herdiat menerangkan pendapatan daerah sebesar Rp. 2,338 trilyun, belanja daerah sebesar Rp. 2,387 triliun dan pembiayaan netto sebesar Rp. 48,981 miliar, sesuai hasil sinkronisasi yang dilakukan bersama.

” Dari struktur tersebut dapat terlihat bahwa pada RAPBD tahun anggaran 2021 terdapat selisih kurang pendapatan dengan belanja atau defisit sebesar Rp. 48,981 Miliar,” katanya dalam rapat paripurna bersama DPRD Ciamis, Senin (16/11/2020).

Menanggapi hal itu, Bupati Ciamis menginstruksikan untuk tetap mengoptimalkan penerimaan daerah dan menggunakan anggaran yang ada untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

” Salah satunya dengan mengoptimalkan sumber daya pembangunan yang ada, meningkatkan koordinasi, kompetensi dan tetap menjaga kedisiplinan sebagai langkah memitigasi risiko tidak tercapainya target kinerja serta adanya kebutuhan belanja yang tidak terpenuhi,” tambahnya menjelaskan.

Herdiat menyampaikan dalam situasi seperti ini hal yang terpenting adalah menjaga kekompakan, kondusifitas semangat kerja sama dan saling pengertian demi terlaksananya program pembanguna di tahun 2021.(ald/RP)