Pemprov Jabar Akan Tata Situ Bagendit Tahun Ini, Seperti Apa Jadinya Nanti?

517
Situ Bagendit

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Bayuresmi, Kabupaten Garut, segera dinenahi. Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 30 miliar untuk penataan tersebut. Rencana itu diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum kepada sejumlah awak media, Jumat (8/2/2019).

Menurut Uu, penataan itu dilakukan agar wisata legendaris Garut di Bagendit lebih menarik dan diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu Pemprov Jabar ingin agar penataan wisata di Garut ini dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

“Jawa Barat menurut survei kemarin masih di bawah, itu ranking 30 (dari jumlah provinsi di Indonesia, red). Padahal Jawa Barat indah. IPM tidak hanya tiga tapi lima, selain pendidikan, kesehatan dan daya beli. Unsur kebahagiaan harus masuk dalam IPM, dan kelima, keimanan dan ketaqwaan,” kata Uu.

Oleh karena itu, dengan adanya penataan destinasi wisata di daerah, diharapkan bisa meningkatkan taraf kebahagiaan masyarakat Garut, dan Jawa Barat.

“Dulu masyarakat pusing-pusing berangkatnya ke sawah (untuk menghilangkan stres), ke kebon, ke balong, sekarang mah ke mall. Kalau punya duit, kalau tidak? Makanya pemerintah hadir mendorong tempat-tempat wisata untuk dikembangkan sarana dan prasarananya,” kata Uu.

Meski memberi kucuran dana, Pemerintah Provinsi tidak mengambil kepemilikan aset atau retribusi daerah atau desa. Pihaknya hanya membantu pembangunan saja. (erf)