Pemkab Segera Bangun Kampung Pencak Silat

219

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Memiliki banyak padepokan pencak silat disertai potensi atlit pencak silat di tingkat nasional dan dunia, Garut siap bangun Perkampungan Pencak Silat di Kelurahan Margawati Kecamatan Garut Kota. Tempat tersebut nantinya akan menjadi salah estinasi wisata budaya.

Lokasi kampung pencak silat tersebut tidak jauh dari objek wisata alam Karacak Valley. Hal tersebut guna mengkombinasikan potensi wisata yang ada di Garut.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan-gan, mengatakan, pihaknya meyakini jika tempat itu sudah dibangun, maka akan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terutama bagi pihak-pihak yang tertarik mengenai pencak silat.

“Dengan adanya kolaborasi antara kesenaian tradisional kampung pencak silat dengan objek wisata di Garut akab menjadi daya tarik bagi wisatawan,” kata Budi.

Nantinya, setiap wisatawan yang berkunjung ke kampung pencak silat wajib mengenakan kostum tradisional pencak silat, seperti baju dan celana pangsi, ikat kepala khas pendekar pencak silat.

“Kita juga akan menyediakan galeri pencak silat. Kita bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonsia (IPSI) Kabupaten Garut,” pungkasnya. (erf)