Pemkab Garut Menyiapkan 1.000 Unit APD Bagi Tenaga Medis

161
Bupati Garut, Rudy Gunawan. (Muhamad Erfan)

RadarPriangan.com, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut, sedang menyiapkan alat pelindung diri (APD) sebanyak kurang lebih seribu unit. APD ini adalah untuk menunjang keamanan para petugas medis di setiap rumah sakit maupun pelayanan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dari wabah Covid-19.

“APD ini kami beli lagi sesuai dengan ketentuan, kami sekarang mau beli sekitar seribu lagi,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Kamis (7/5/2020).

Rudy menuturkan, upaya pemkab Garut untuk mencegah penyebaran virus korona, salah satunya selalu menyediakan APD sesuai standar organisasi kesehatan dunia bagi petugas kesehatan.

Adapun peruntukkan APD yang tengah dipersiapkan ini menurutnya akan diprioritaskan untuk rumah sakit yang menangani pasien berstatus pengawasan, pemantauan maupun positif.

“Selain itu akan disediakan di beberapa puskesmas. Jadi APD ini cukup, APD ada, di puseksmas ada, tapi tidak semua puskesmas ada,” katanya.

Selain penyediaan APD sesuai standar kesehatan, Pemkab Garut juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan satu juta masker yang akan dibagikan gratis kepada masyarakat.

Pemerintah daerah membagikan masker gratis untuk masyarakat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah sehingga bisa terhindar dari penyebaran wabah COVID-19 di Garut.(igo)