Pemdaprov Jabar akan Gelar Pelatihan Ternak Sapi untuk Santri Milenial

147
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat melakukan kunjungan kerja ke PT Hade Dinamis Sejahtera di Kec. Cipeundeuy, Kab. Subang, Jumat (18/10/19). (Dudi/HumasJabar)

SUBANG – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) akan melatih para santri muda atau santri milenial bagaimana cara beternak sapi yang baik. Pelatihan itu merupakan bagian dari realisasi program pemberdayaan umat.

Menurut Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, tujuan dari pelatihan tersebut untuk mengembangkan minat wirausaha dan potensi para santri khususnya di bidang peternakan.

“Para santri milenial akan mendapat pelatihan, termasuk dalam pemeliharaan hewan diantaranya sapi,” kata Uu saat melakukan kunjungan kerja ke PT Hade Dinamis Sejahtera di Kec. Cipeundeuy, Kab. Subang, Jumat (18/10).

Uu mengatakan, rencananya santri yang ada di Jawa Barat akan diberikan pelatihan disini selama satu bulan. Mereka akan diajari dan diberikan pengetahuan mengenai tata cara beternak sapi. Kalau sudah mampu, nantinya harus dikembangkan di pondok pesantren masing-masing dengan diberikan bantuan sapi untuk santri yang sudah di didik.

Uu juga mengatakan, santri milenial harus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis keumatan. Guna mencetak para santri milenial jadi wirausaha. Terlebih kata dia, Pemdaprov Jabar meluncurkan program One Pesantren One Product (OPOP).

“Mudah- mudahan program ini bias membawa kemajuan secara ekonomi bagi para santri dan masyarakat sekitar juga bias ikut sukses, namun tetap mempertahankan nilai-nilai religius,” kata Uu. (yan)