Pelunasan BPIH Hari Ini Ditutup, Masih Tersisa 2.158 Kursi

219

RadarPriangan.com, JAKARTA – Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap kedua ditutup hari ini (10/5). Catatan Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan calon jamaah haji (CJH) yang melunasi mencapai 16.159 orang. Sehingga masih tersisa 2.158 kursi.

Kasubdit Pendaftaran dan Pelunasan Haji Reguler Kemenag Mukhammad Khanif menuturkan pelunasan BPIH tahap kedua dimulai sejak 30 April lalu. Dia menjelaskan jika setelah penutupan pelunasan BPIH tahap kedua masih ada sisa kursi, langsung diisi CJH kuota cadangan. Dengan syarat CJH kuota cadangan tersebut sudah melunasi BPIH.

“CJH kuota cadangan melunasi BPIH juga pada tahap kedua ini,” tuturnya kemarin (9/5). Dia menjelaskan jumlah CJH kuota cadangan yang berhak melunasi BPIH berjumlah 10.017 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.159 orang sudah melunasi BPIH. Dengan demikian jumlah CJH kuota cadangan yang sudah melunasi BPIH lebih banyak dari potensi sisa kursi.

Khanif menegaskan seluruh sisa kursi nantinya diisi oleh CJH kuota cadangan yang sudah melunasi. Selain itu CJH kuota cadangan ini juga bakal mengisi kuota tambahan. Sesuai dengan surat edaran Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, ada beberapa kriteria untuk pengisian kuota tambahan.

Sebagaimana diketahui tambahan kuota haji tahun ini sebanyak 10 ribu kursi. Tambahan kuota tersebut dibagi menjadi dua. Yakni untuk CJH sesuai dengan nomor porsi antrian dan lansia. Keduanya sama-sama mendapatkan jatah sebanyak 5.000 kursi.

Kemenag telah menetapkan ketentuan pengisian kuota haji tambahan. Yaitu untuk CJH cadangan yang melunasi BPIH. Jadi para CJH cadangan selain bisa mengisi sisa kursi dari pelunasan tahap kedua, juga dapat mengisi kuota haji tambahan.

Kemudian kuota haji tambahan diisi oleh CJH sesuai nomor urut porsi berikutnya. Dengan ketentuan belum pernah berhaji dan usia minimal 18 tahun atau sudah menikah. Rencananya pelunasan BPIH untuk kuota tambahan ini bakal dibuka 14 Mei depan. Selain itu Kemenag juga bakal menetapkan kuota haji cadangan untuk mengisi jika ada sisa kursi untuk kuota tambahan nanti.

Khanif menuturkan sampai saat ini Kemenag belum mengeluarkan nama-nama CJH berhak lunas BPIH untuk pengisian kuota tambahan. “Diumumkan nanti setelah selesai pelunasan BPIH tahap kedua,” katanya. Sebab penetapan nama-nama tersebut terkait dengan jumlah sisa kursi saat pelunasan BPIH tahap kedua ditutup. (wan/ful)