Pataka MRSF Sampai di Garut, Ribuan Warga Siap Disiplin Berlalulintas

538
Pataka MRSF sampai di Garut

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Pataka Millenial Road Safety Festival (MRSF), Minggu (17/2/2019) sampai di Kabupaten Garut dan diterima langsung oleh Bupati, Rudy Gunawan. Ribuan warga yang hadir dalam Pataka Relay MRSF pun mengaku siap disiplin berlalulintas untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya.

“Kegiatan millenial road safety festival ini berkaitan dengan angka kematian tertinggi dari kaum millenial antara 17-35 tahun yang mencapai 60 persen. Gerakan ini untuk menekan angka kecelakaan hingga titik terendahnya, bahkan nol,” kata Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna.

Kapolres menyebut, secara umum di dunia kecelakaan lalulintas ada pada posisi kelima penyebab meninggalnya warga. Oleh karena ini pemerintah pun, khususnya Polri proaktif menindaklanjuti hal tersebut. Salah satunya dengan memprogramkan millenial road safety faestival.

“Harapan dari kita adalah membudayakan hidup berdisiplin, termasuk di dalamnya di jalan raya, khususnya generasi muda. Tentunya disiplin itu pun harus dilakukan dalam segala hal, hanya salah satunya saja dalam berlalulintas itu,” katanya.

“Kita juga mengajak generasi muda untui bisa menciptakan zero angka kematian akibat kecelakaan yang 60 persennya kelompok millenial,”tambahnya.

Ia berharap agar seluruh program millenial road safety festival bisa sampai langsung kepada kaum millenial.

“Kita akan melakukan berbagai program yang sifatnya macam-macam. Tarhet kuta kaum millenial. Mungkin anak sekolah, komunitas motor, dan seluruhnya saja yang rentang usianya 17 hingga 35 tahun,” jelasnya.

Komandan Kodim 0611 Garut, Letkol Inf Asraf Aziz menuebut bahwa dengan sadar akan keselamatan sama dengan sadar akan masa depan.

“Wajib hukumnya mentaati aturan lalulintas dan memperhatikan keselamatan. Karena kita harus sadar juga dengan masa depan diri, keluarga, dan bangsa Indonenesia,” katanya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan bahwa generasi millenial di Indonesia, khususnya di Kabupaten Garut harus diselamatkan dari ancaman kecelakaan di jalan raya. Namun menurutnya, untuk bisa mencapai hal tersebut perlu kerja keras sehingga kedisiplinan betul-betul tercipta.

“Di Garut ini ada sekitar 500 ribu kendaraan roda dua dan lebih dari 50 ribu kendaraan roda empat. Tentunya kegiatan millenial road safety festival ini diharapkan memberikan dampak yang signifikan terhadap keselamatan berlalulintas,” ucapnya. (igo)