Para Legislator Wajib Berperan Tingkatkan IPM Garut

156
Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Garut hasil Pemilu Legislatif 2019 lalu dilantik, Selasa (13/8). (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

Maksimalkan Fungsi Legislasi, Pengawasan dan Penganggaran

RadarPriangan.com, GARUT – Dilantiknya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut periode 2019-2024 diharapkan bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah.

Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, mengatakan, para anggota legislatif baru khsusunya agar bisa segera belajar  dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Kalau melihat komposisinya ini juga menarik karena ada 27 anggota DPRD wajah baru, dan 23 wajah lama. Saya melihat ini suatu harapan, terutama dijadikan DPRD sebagai lembaga penyeimbang. Kalau dilihat dari orang-orang baru yang muncul ini ada politisi senior dan muda sekali, ini diharapkan ada transfer pengetahuan dan pengalaman untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam menjalankan fungsi legislatif,” kata Syakur.

Lanjutnya, hal menarik juga dilihat dari latar belakang eksekutif yang merepresentasikan tiga partai, dengan ragam komposisi anggota legislatif saat ini. Situasi tersebut diharapkan DPRD mampu menjadi penyeimbang dalam upaya eksekutif meningkatkan IPM di Garut.

“Karena eksekutif yang merepresentasikan tiga partai,  dihadapkan dengan anggota DPRD yang mayoritas secara politis tidak berada di jajaran beliau (eksekutif, red), sehingga ini akan menjadi menarik dan diharapkan menimbulkan posisi yang seimbang. Di kita masih banyak aturan pemerintah yang belum memenuhi kebutuhan masyarakat. Nah ini untuk mengawasi implementasi peraturan daerah diperlukan peran pengawasan serius dari legislatif, mulai dari masalah PKL, pembangunan infrastruktur dan aspek lainnya,” katanya.

Menurutnya, DPRD harus memiliki keberpihakan yang kuat kepada masyarakat, terutama dalam mengingatkan pemerintah untuk berorientasi dalam peningkatan IPM.

“Statistik menunjukkan posisi IPM kita masih berada di posisi buncit. Nah ini juga harus ada dukungan dari legislatif supaya program-program pemerintah terutama dalam hal peningkatan IPM itu dipastikan berjalan baik. Pengawasan harus konsisten intens, yang kita tau ada beberapa hal yang tidak berjalan efektif. Karena, pembangunan akan memberikan manfaat banyak jika berjalan dengan baik, sementara jika tidak justru merugikan masyarakat.

“Kita juga berharap pemerintah pusat memberikan perhatian luas terutama akses Infrastruktur jalan termasuk jalan tol. Nah ini sayang kalau tidak ada gayung bersambut dari Pemkab Garut. DPRD paling tidak mengingatkan eksekutif,” katanya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here