Operasi Yustisi di Ciamis, Jaring Warga Tak Pakai Masker, Bupati: Kesadaran Harus dari Dalam Bukan Paksaan

232
Warga yang tak pakai masker dijaring petugas gabungan dan diberikan sanksi teguran maupun sanksi sosial

Penulis : Rizki Aldi Saputra | Editor : Feri Citra Burama

RadarPriangan.com, CIAMIS – Personel gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah Kabupaten Ciamis melakukan operasi yustisi penegakkan disiplin menggunakan masker di jalan raya sekitar Alun Alun Ciamis, Selasa (15/9/2020).

Operasi yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Ciamis AKP Yopy Mulyawan itu melibatkan puluhan personel gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah Kabupaten. Antara lain, meliputi personel Polres Ciamis, Kodim 0613/Ciamis, Satpol PP Kabupaten Ciamis, Dishub Kabupaten Ciamis, dan BPBD Kabupaten Ciamis.

Kabag Ops Polres Ciamis AKP Yopy Mulyawan mengatakan operasi yustisi ini dilaksanakan dalan rangka peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan.

“Sasaran dalam operasi yustisi ini adalah warga yang tidak menggunakan masker. Mereka yang melanggar kami berikan teguran tertulis, dan sanksi sosial. Semoga dengan operasi ini menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ditengah situasi pandemi Covid-19,” Ucapnya.

“Cegah Covid-19 ingat selalu protokol kesehatan yang 3M. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Sehinga kita semua terhindar dari paparan Covid-19 dan membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19,” Jelasnya.

Sementara Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, disiplin dalam protokol kesehatan masih perlu ditingkatkan di Ciamis.

Apalagi jika melihat perkembangan covid-19 secara nasional, jumlah knfirmasi positif tiap harinya meningkat.

Hal itu kata Herdiat dikarenakan kurangnya perhatian masyarakat terhadap pentingnya penerapan protokol kesehatan.

” Sedangkan di Ciamis sampai hari ini terkonfirmasi 42 positif, 33 sembuh, 9 diisolasi dan 2 orang meninggal dunia,” katanya saat memberikan sambutan dalam Apel kesiapan operasi Yustisi penegakan disiplin menggunakan masker di halaman pendopo Bupati, Selasa (15/09/2020).

Bahkan di sejumlah provinsi lanjut Herdiat, ada yang kembali menerapkan PSBB secara parsial sebagai langkah pencegahan. Sedangkan untuk Ciamis saatini masih menekankan penerapan protokol kesehatan.

“Hasil study Goldman Sachs menunjukkan bahwa pemakaian masker efektif mencegah penularan covid-19 dan setara dengan kebijakan Lockdown atau karantina wilayah,” ungkapnya.

Ia berharap semua masyarakat bahu membahu untuk senantiasa disiplin, yakni kedisiplinan yang datang dari dalam yang tumbuh atas kesadaran sendiri bukan karena paksaan dari luar.

“Mari kita sama-sama memberi pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan bersih serta menerapkan prorotokol kesehatan di masyarakat ,”Jelasnya. (Aldi/RP)