MKKS Garut Usulkan UN Berbasis Smartphone, Seperti Apa Itu?

221
Aktivitas siswa di SMKN 1 Garut. (Dok. RADAR GARUT)

GARUT – Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Garut, Dadang Johar Arifin, mengusulkan pelaksanaan Ujian Nasional dengan berbasis Smartphone atau Android.

Menurutnya, ujian nasional dengan pola pengerjaan menggunakan perangkat Smartphone tidak jauh beda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Ada kemungkinan bisa dengan Android. Kalau servernya ditambah, kekuatan pendukung Internet juga ditambah,” kata Dadang, yang juga menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Garut itu.

Ide ini kata Dadang, sudah menjadi bahasan pihaknya. Sementara ini, untuk merealisasikan wacana tersebut, MKKS tengah melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Setelah memiliki konsep yang matang, maka mekanisme pengerjaan ujian nasional menggunakan smartphone bukan hal mustahil.

“Kita coba sosialisasi dulu, Kita akan coba menawarkan ke Provinsi, saya kira kalau itu bisa dilakukan, bisa lebih menghemat (energi dan biaya), anak tidak akan tertekan ketika mengerjakan,” katanya.

Untuk fasilitas smartphone sendiri, pihak sekolah bisa menyediakan sebagaimana penyediaan komputer untuk UNBK.

Saat ini, untuk ujian nasional untuk SMK di Kabupaten Garut sudah 100 persen UNBK. Menurutnya, bukan sesuatu yang mustahil jika wacana ujian nasional berbasis smartphone bisa dilakukan.

“Setidaknya bisa dilakukan melalui simulasi dulu, kalau memungkinkan itu bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (erf)