Merugi, Kini Cipanas Indah Dikelola Swasta

821
Salah satu objek wisata milik Pemerintah Kabupaten Garut, Cipanas Indah.

Setahun Bebani APBD Rp30 Juta, Status Sewa selama 30 Tahun,

GARUT – Salah satu objek wisata milik Pemerintah Kabupaten Garut, Cipanas Indah kini dikelola oleh pihak swasta. Dialihkannya pengelolaan ke pihak swasta tersebut dilakukan untuk mendongkrak potensi wisata, sekaligus juga agar bisa memberikan keuntungan tambahan berupa PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut, jika Pemerintah Kabupaten Garut telah secara resmi melakukan pelelangan potensi udaha objek Wisata Cipanas Indah. Ia menyebut bahwa hal tersebut dilakukan agar pengelolaannya nanti bisa memberikan keuntungan bagi Pemerintah Kabupaten Garut berupa PAD.

“Mulai 1 November ini sudah ke mereka (swasta), mulai sama mereka, di mana dalam lelang pengelolaan wisata air panas itu telah dimenangkan oleh CV Wulandari. Awal kontrak akan dibangun sesuai kesepakatan sehingga tempatnya akan menarik dan memiliki daya saing karena Cipanas Indah ini sudah tidak punya lagi daya saing,” ujarnya, kepada wartawan.

Bupati mengatakan bahwa alasan pengelolaannya kepada swasta karena selama dikelola pemerintah terus merugi sekitar Rp300 juta per tahun. Akibatnya, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Garut harus menutupi kerugian potensi usaha dari objek wisata tersebut dengan mengalokasikan dana dari APBD Garut.

“Cipanas Indah itu rugi terus-terusan hampir Rp300 jutaan per tahun, membebani APBD, sehingga diharapkan kerjasama pengelolaan wisata tersebut diawali dengan pembangunan kawasan wisata dengan sistem kontrak sebesar Rp300 juta per tahun. Setiap tahun pembayaran kontraknya akan meningkat, bahkan nanti setelah 30 tahun bangunan di kawasan wisata akan milik Pemerintah Kabupaten Garut, sekarang tahapannya disewa dulu,” katanya. (igo)