Membuat NPWP Bisa di Bank Himbara

110

Editor : Feri Citra Burama | Sumber : FIN

RadarPriangan.com, PAGARALAM – Nomor pokok wajib pajak (NPWP) biasanya menjadi salah satu syarat kelengkapan administrasi pengajuan kredit ke bank

Ketika seorang calon nasabah datang ke bank dan rupanya belum mempunyai NPWP tentu akan sangat direpotkan karena harus membuat NPWP ke kantor pajak.

Kabar baiknya, sekarang pembuatan NPWP bisa dilakukan di bank Himbara (himpunan bank milik negara).

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menggandeng himbara. Kerjasama ini berupa penyatuan sistem pelayanan daring NPWP. Dalam kerjasama ini disepakati, pembuatan NPWP bisa dilakukan di bank yang tergabung dalam Himbara yakni BRI, BNI, dan Mandiri. Hal ini berlaku efektif mulai 17 Agustus kemarin.

“Benar (bisa buat NPWP di bank). Nantinya akan berlaku secara nasional. Tapi tergantung dengan kesiapan banknya juga. Kalau (sistem) DJP sudah siap,” ujar Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Pagaralam, Adam Namora SE, dikutip FIN (Radar Priangan Group).

Dikatakan Adam, kerjasama antara DJP dengan Himbara itu bertujuan untuk mempermudah pelayanan. Terutama bagi wajib pajak (WP) ketika berurusan di bank yang membutuhkan NPWP. Saat proses pembuatan lanjut Adam, akan dilakukan secara daring di portal DJP yang sudah diintegrasikan dengan sistem Himbara.

“Portal yang digunakan bank untuk NPWP sama dengan yang digunakan DJP. Sebenarnya ini untuk membiasakan WP dengan sistem daring,” kata Adam. Selain itu lanjut Adam, hal ini mempermudah bank untuk memvalidasi NPWP nasabahnya.

KP2KP sendiri menyambut baik pembuatan NPWP di bank ini. Sebab secara langsung akan memberikan edukasi bagi nasabah atau WP agar terbiasa dengan sistem daring. Karena selama ini kata Adam masih ada masyarakat yang belum menggunakan layanan daring.

Sementara itu Manajer Bank Mandiri Pagaralam, Yudi Adi Prabowo menyambut positif rencana itu. Kata Yudi, itu membantu nasabah Bank Mandiri yang membutuhkan NPWP ketika mengajukan pinjaman kredit misalnya.

“Kami bisa langsung bantu di kantor. Tak perlu nasabah datang ke kantor pajak lagi,” pungkasnya. (cw08/Fin)