Makanan Penurun Kolesterol dalam Tubuh

109
ilustrasi serangan jantung (pixabay)

MENDENGAR kata kolesterol, yang terbayang di benak kebanyakan orang adalah sebuah zat dalam tubuh yang sangat berbahaya dan menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Ya, tentu jika dalam kandungan berlebih, kolesterol dapat menyebabkan penyakit serius dalam tubuh, terutama kolesterol jahat.

Melansir laman Alodokter, sebenarnya tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Hanya saja, ketika kandungan kolesterol terlalu tinggi, justru bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah. Sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke.

Oleh karena itu bagi anda yang memang mengidap kolesterol tinggi, perlu upaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol sesuai anjuran dokter, anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang rupanya baik sekali menurunkan kolesterol.

Nah, berikut ini adalah makanan dan minuman penurun kolesterol:

1) Sayuran hijau
Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung, terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

2) Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol di dalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

3) Pisang
Kandungan zat inulin pada pisang berguna untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini membantu Anda untuk mengendalikan kadar kolesterol.

4) Oat
Oat yang terbuat dari gandum, mengandung beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, beta glucan di oat juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

5) Teh hijau
Teh hijau termasuk salah satu minuman herbal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kandungan katekin (catechin) di teh hijau diketahui mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

6) Susu kedelai
Minuman lain yang juga bisa dijadikan sebagai penurun kolesterol adalah susu kedelai. Susu kedelai sendiri mengandung isoflavon yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya susu kedelai, makanan yang berasal dari olahan kacang keledai juga memiliki kandungan isoflavon yang tinggi, seperti tempe dan tahu.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi produk olahan yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Kedua jenis serat larut ini dapat membuat sistem pencernaan bekerja dengan optimal, sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

Anda juga bisa mencari produk dengan tambahan vitamin B1 dan B2. Tujuannya agar proses pencernaan serta pembakaran lemak dan karbohidrat dapat berjalan dengan lebih baik, yang tentu saja akan membantu Anda dalam menurunkan kolesterol tinggi. (**)